Peran pokjawas PAI dalam meningkatkan kompetensi Pedagogik dan Profesional melalui Supervisi Akademik di SDN Sumberrejo 1 Bojonegoro: TA. 2022/2023

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa', Zahrotun (2023) Peran pokjawas PAI dalam meningkatkan kompetensi Pedagogik dan Profesional melalui Supervisi Akademik di SDN Sumberrejo 1 Bojonegoro: TA. 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zahrotun Nisa_D93219114 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Peran Pokjawas PAI Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Dan Profesional Melalui Supervisi Akademik Di SDN Sumberrejo 1 Bojonegoro. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai Peran Pokjawas PAI Di SDN Sumberrejo 1 Bojonegoro, Peningkatkan Kompetensi Pedagogik Dan Profesional Melalui Supervisi Akademik Di SDN Sumberrejo 1 Bojonegoro, Peran Pokjawas PAI Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Dan Profesional Melalui Supervisi Akademik Di SDN Sumberrejo 1 Bojonegoro, serta Faktor penghambat dari pelaksanaan Peran Pokjawas PAI Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Dan Profesional Melalui Supervisi Akademik Di SDN Sumberrejo 1 Bojonegoro. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif.. Data penelitian ini diperoleh melalui Kegiatan observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh menyatakan bahwa (1) Peran pokjawas PAI di SDN Sumberrejo 1 Bojonegoro ialah sebagai supervisor akademik, yaitu melakukan pembinaan, pemantauan, penilaian, serta pembimbingan dan pelatihan terhadap sekolah binaanya. selain itu hubungan antara pokjawas PAI dan guru PAI harus saling berkomunikasi dengan baik, saling memahami peran masing-masing untuk menciptakan pembelajaran yang baik di SDN Sumberrejo 1 Bojonegoro. (2) Upaya yang dilakukan pokjawas PAI dalam meningkatkan kompetensi yang dimiliki oleh guru PAI di SDN Sumberrejo 1 Bojonegoro khususnya kompetensi pedagogik dan profesional adalah melakukan tiga tahapan penting dalam supervisi akademik yaitu pelaksanaan pertemuan awal, obervasi kelas, dan pertemuan umpan balik. K. (3) Peran pokjawas PAI dalam meningkatkan kompetensi pedagogik melalui supervisi akademik di SDN Sumberrejo 1 Bojonegoro adalah memberikan arahan dalam perancangan pembelajaran, memberikan solusi tentang permasalahan pembelajaran, dan melakukan pembinaan pada guru PAI. Sedangkan, Peran pokjawas PAI dalam meningkatkan kompetensi profesional melalui supervisi akademik di SDN Sumberrejo 1 Bojonegoro yaitu menciptakan komunikasi yang baik dengan guru PAI serta membangun kerjasama yang baik dengan kelompok kerja guru PAI kecamatan sumberrejo sebagai wadah pengembangan kemampuan profesionalisme guru PAI. (4) Faktor hambatan dalam peningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional di SDN Sumberrejo 1 Bojonegoro adalah penerapan jadwal yang belum pasti, dengan adanya penerapan yang belum pasti tersebut sehingga kesiapan guru serta kedisiplinan kurang sesuai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa', Zahrotunnisazahroh24@gmail.comD93219114
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhlishah, MukhlishahMuklishah@uinsby.ac.id2005056801
Thesis advisorSholihah, Ni'matusnickssholihah@yahoo.com2002087303
Subjects: Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Keywords: Pokjawas PAI; Kompetensi Pedagogik dan Profesional; Supervisi Akademik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Zahrotun Nisa
Date Deposited: 07 Oct 2023 12:50
Last Modified: 07 Oct 2023 12:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65878

Actions (login required)

View Item View Item