Peran pemuda dalam pengelolaan sampah : studi etika lingkungan hidup di Desa Klangonan Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhammadi, Ahmad Giri Ainuddin (2020) Peran pemuda dalam pengelolaan sampah : studi etika lingkungan hidup di Desa Klangonan Gresik. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Giri Ainuddin Muhammadi_F52918003.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sampah masih menjadi masalah yang tanpa henti untuk bisa dikendalikan, baik oleh pemerintah maupun perorangan. Dalam kegiatan ekonomi saja misalnya, terlihat bagaimana manusia tanpa terasa akan selalu menghasilkan sampah seperti dalam kegiatan ekonomi berbasis industri. Selain kegiatan ekonomi berbasis industri, Perkembangan masa dengan bertambahnya penduduk adalah salah satu penyebab dari munculnya masalah-masalah lingkungan yang di antaranya yaitu pencemaran lingkungan akibat sampah. Fenomena yang selalu menjadi problematika bersama itu hamper ada di setiap daerah tak terkecuali desa Klangonan, kabupaten Gresik. Problematika sampah di desa Klangonan yaitu berawal dari tidak adanya Tempat Pembuangan Sementara (TPS) di desa dan vakumnya petugas pengambil sampah, mendorong kumpulan pemuda desa Klangonan yang tergabung dalam organisasi Karang Taruna Desa Klangonan (Katalog) untuk berperan dalam menyikapi problematika lingkungan (sampah) tersebut. Dengan menggunakan penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif, fokus penelitian ini yaitu: 1. Pola pengelolaan sampah di desa Klangonan. 2. Strategi pengelolaan sampah di desa Klangonan. 3. Aplikasi pengelolaan sampah di desa Klangonan. Dengan menggunakan teori peran Biddle & Thomas serta teori-teori dalam studi etika lingkungan hidup sebagai pisau analisisnya, penelitian ini menghasilkan penemuan bahwa dalam merespon problematika lingkungan terutama sampah, pemuda Katalog menginisiasi sebuah program kelola sampah yang mana dalam hal ini pemuda memegang sebagai actor dalam pelaksanaannya. Sedangkan dalam strategi pelaksanaannya, pemuda Katalog menggandeng pemerintah desa sebagai media sosialisasi dan juga pendukung program. Selama program dijalankan, pemuda dalam aplikasinya mendapat respon positif baik dari masyarakat juga pemerintah desa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhammadi, Ahmad Giri Ainuddingiriahmad97@gmail.comF52918003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJunaidy, Abdul Basithbasithjunaidy71@gmail.com197110212001121002
Thesis advisorSuis, Suissuisabdullah@yahoo.com196201011997031002
Subjects: Etika
Keywords: pemuda karang taruna; pengelolaan sampah; etika lingkungan hidup
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Ahmad Giri Ainuddin Muhammadi
Date Deposited: 05 Oct 2023 05:19
Last Modified: 05 Oct 2023 05:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65883

Actions (login required)

View Item View Item