Analisis UU No.7 tahun 1978 dan fiqih siyasah terhadap hak keuangan/admnistratif Presiden dan Wakil Presiden serta mantan Presiden dan Mantan Wakil Presiden

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nur, Alfitrah Muhammad (2023) Analisis UU No.7 tahun 1978 dan fiqih siyasah terhadap hak keuangan/admnistratif Presiden dan Wakil Presiden serta mantan Presiden dan Mantan Wakil Presiden. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Alfitrah Muhammad_C04219033.pdf

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan amanat UUD 1945 tersebut di atas bahwa Presiden adalah sebagai pemegang kekuasaan Pemerintahan tentunya tidak terlepas dari perwujudan kewajiban pemerintah untuk mempertanggung jawabkan atas segala hal hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan Di dalam Undang undang nomor 7 tahun 1978 tentang Hak Keuangan /Administrasi Presiden dan Wakil Presiden serta Hak Keuangan /Administrasi Presiden dan Wakil Presiden memuat komponen komponen Pada pasal 2 UU NO.7 Tahun 1978. Yang termuat dalam undang- undang nomor 7 tahun 1978 tersebut belum memuat konsep Akuntabilitas kinerja Pemerintah. Skripsi Ini Menjawab pertanyaan yang di tuangkan dalam dua rumusan masalah: tentang Hak Komponen Presiden dan wakil Presiden serta mantan Presiden,Mantan Wakil Presiden dan tinjauan Fiqih Siyasah terhadap Hak Keuangan atau administratif Presiden dan Wakil Presiden serta mantan Presiden, mantan Wakil Presiden. Data penelitian ini dihimpun menggunakan teknik library research dan pendekatan statute approach. Teknik analisis data menggunakan deskriptif deduktif yang selanjutnya disusun secara sistematis sehingga menjadi data yang konkrit mengenai Hak Keuangan/Administratif Presiden dan Wakil Presiden serta Mantan Presiden dan Mantan Wakil Presiden Dalam Undang-Undang No.7 Tahun 1978 Selanjutnya data tersebut diolah dan dianalisis menggunakan teori hukum Islam, Fiqih siyasah. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan: pertama, ditetapkan dalam peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 tahun 2023). Pada pasal 6 tersebut dijelaskan gaji ke 13 yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan belanja Negara (APBN) terdiri atas gaji pokok,tunjangan keluarga,tunjangan pangan,tunjangan jabatan atau tunjangan keluarga,tunjangan pangan,atau tunjangan umum dan 50 persen tunjangan kinerja sesuai pangkat jabatan,peringkat jabatan atau kelas jabatannya.Sementara itu gaji pokok diatur dalam UU Nomor 7 tahun 1978 tentang Hak keuangan/Administratif Presiden dan Wakil Presiden serta bekas Presiden dan Bekas Wakil Presiden. Kedua,Gaji menurut Islam adalah Imbalan yang diterima seseorang atas pekerjaannya dalam bentuk imbalan materi di dunia (adil dan layak) dan dalam bentuk imbalan pahala di akhirat (imbalan lebih baik). Upah diklasifikasikan menjadi 2 yaitu Upah yang telah disebutkan (ajrul musamma) Upah yang sepadan (ajrul mistli) Menurut Imam Syaibani:”kerja merupakan usaha untuk mendapatkan uang atau harga dengan cara halal. Sejalan dengan kesimpulan di atas, penulis menyarankan: Pertama, Perlu Di Undang- Undang No 7 Tahun 1978 Dalam Pasal Yang Variabel (6x) Lebih tinggi dari pejabat seharushya Di pertimbangkan oleh ahli undang-undang dan direvisi untuk menambahkan variable gaji Presiden berdasarkan kinerjannya bukan hanya Variabel angka. Kedua, Saran saya untuk skripsi ini untuk lebih dilanjutkan untuk meneliti tanggung jawab Presiden dalam kinerjanya selama menjabat dan tanggung jawab selama menerima komponen berupa gaji,tunjangan selama menjabat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nur, Alfitrah Muhammadnuralfitrahmuhammad@gmail.comC04219033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYasin, Achmadachmadyasin650@gmail.com2027076702
Subjects: Agama
Administrasi
Politik
Keywords: Analisis UU No.7 tahun 1978; fiqih siyasah; hak keuangan/admnistratif; Presiden dan Wakil Presiden
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Alfitrah Nur Alfitrah Nur Alfitrah Muhammad
Date Deposited: 10 Oct 2023 03:21
Last Modified: 10 Oct 2023 03:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65885

Actions (login required)

View Item View Item