New Culture Integration pada Merger Bank Syariah Indonesia (BSI)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurniawan, Eric (2023) New Culture Integration pada Merger Bank Syariah Indonesia (BSI). PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eric Kurniawan_01040220006 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Integrasi budaya pasca merger merupakan hal yang sangat penting dan mendasar bagi perusahaan yang melaksanakan merger. Karena pelaksanaan merger atau penggabungan dua atau lebih entitas yang berbeda menimbulkan tantangan atas perubahan-perubahan struktur organisasi, budaya organisasi dan sistem perusahaan. Seperti pada penelitian K. Bijlsma-Frankema yang meneliti terkait faktor-faktor keberhasilan integrasi budaya dan proses perubahan budaya dalam merger dan akuisisi. Dengan penelitian pada efek friksi antara struktur dan budaya, serta friksi antara budaya yang berbeda, terhadap fungsi organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan kebijakan new culture integration pada merger Bank Syariah Indonesia, strategi implementasinya serta implikasi penerapan new culture integration pada merger Bank Syariah Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dimana objek penelitian berjumlah tujuh karyawan BSI yang relevan. Teori utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Budaya Organisasi yang dikembangkan oleh Cortina dimana pedoman untuk mengintegrasikan budaya secara sukses dalam Organisasi yang melaksanakan merger. Teori Seven Steps to Merger Excellence Hill, R.Weiner dan Weiner serta teori pendukung yang digagas oleh Picot terkait tiga strategi dalam integrasi budaya. Dalam implementasi integrasi budaya baru, BSI memiliki 3 tahapan impelementasi, yaitu; (1) Diagnostic, (2) Activation, dan (3) Destination.Hasil Penelitian menunjukan bahwa proses new culture integration (NCI) pada merger BSI tidak berjalan instan, melainkan melalui proses pre-merger, planning, implementation, dan evaluasi. Strategi Implementasi NCI pada merger BSI dengan pengoptimalan peran pemimpin untuk memberikan inspirasi dan motivasi kepada seluruh karyawan. Implikasi NCI pada merger BSI terdapat pada perubahan struktur, produk dan sumber daya manusia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurniawan, Ericeric.kurniawan@gmail.com01040220006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRitonga, Iskandariskandarritonga@yahoo.com2015066502
Thesis advisorYasid, Yasidyazidabu@hotmail.com2010106702
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Bank Islam
Bank dan Perbankan
Keywords: BSI; Merger; Budaya Organisasi; New Culture Integration
Divisions: Program Doktor > Ekonomi Syariah
Depositing User: Eric Kurniawan
Date Deposited: 11 Oct 2023 08:22
Last Modified: 11 Oct 2023 08:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65889

Actions (login required)

View Item View Item