Analisis sistem pengendalian manajemen di Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah Nadhlatul Ulama (LAZISNU) ranting Klampok di Desa Klampok Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rasyid, Issatun Adillia (2023) Analisis sistem pengendalian manajemen di Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah Nadhlatul Ulama (LAZISNU) ranting Klampok di Desa Klampok Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Issatun Adillia Rasyid_B94217101.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan guna mengetahui bagaimana sistem pengendalian manajemen yang dijalankan di LAZISNU Ranting Klampok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode deskriptif kualitatif. Metode ini dipergunakan sebagai penggambaran serta penelitian dengan mendalam terkait sistem pengendalian manajemen di LAZISNU Ranting Klampok di Desa Klampok Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik. Teknik pengumpulan data dijalankan dengan media wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, Sistem pengendalian tersebut mencakup pengendalian atas lingkungan organisasi, meliputi struktur organisasi, pusat pertanggungjawaban, dan perilaku organisasi. Pusat tanggung jawab LAZISNU Ranting Klampok sepenuhnya dipegang oleh ketua atau pimpinan organisasi. Komunikasi yang terjalin antara ketua, pengurus, dan pihak eksternal telah berjalan dengan baik di lingkungan LAZISNU Ranting Klampok. Kedua, LAZISNU Ranting Klampok telah melaksanakan proses sistem pengendalian manajemen formal yang terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan strategis, penyusunan anggraran, pelaksanaan dan pengukuran, serta pelaporan dan evaluasi Kerja. Proses sistem pengendalian manajemen di LAZISNU Ranting Klampok dilakukan mulai dari pemilihan program yang dari awal sudah diberikan oleh pusat dan dipilih sesuai keadaan desa masing-masing. Rapat dan penganggaran dilakukan setiap satu bulan, tiga bulan, enam dan satu tahun sekali. Ketua dari LAZISNU Ranting Klampok bertanggung jawab penuh atas semua program yang dijalankan. Pelaporan dan evaluasi kerja dilakukan setahun sekali melalui rapat dan menyusun kembali program dan anggaran untuk satu tahun ke depan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rasyid, Issatun Adilliaadillyahrasyid&gmail.comB94217101
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBramayudha, Airlanggabram@uinsby.ac.id2014127901
Subjects: Manajemen
Manajemen Dakwah
Keywords: Pengendalian manajemen; Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah Nadhlatul Ulama (LAZISNU)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: issatun adillia rasyid
Date Deposited: 18 Oct 2023 01:22
Last Modified: 18 Oct 2023 01:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65892

Actions (login required)

View Item View Item