Politik kebajikan pemerintah dalam penanggulangan banjir kali Lamong di Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Retno, Purbo (2023) Politik kebajikan pemerintah dalam penanggulangan banjir kali Lamong di Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Purbo Retno_I01219024.pdf

Download (4MB)

Abstract

Bencana banjir kali lamong di Kabupaten Gresik terjadi sejak tahun 2014 hingga saat ini. Meskipun sudah berganti beberapa bupati akan tetapi banjir yang dikarenakan luapan kali lamong ini masih saja terus terjadi, sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai kebijakan pemerintah kabupaten Gresik dalam penanggulangan banjir kali lamong serta implementasi kebijakan tersebut. Studi ini mengenai menganalisis mengenai implementasi kebijakan pemerintah dalam penanggulangan banjir kali lamong di Kabupaten Gresik dan apa saja faktor penyebab belum optimalnya realisasi kebijakan pemerintah Kabupaten Gresik dalam penanggulangan banjir kali lamong lalu bagaimana strategi penanggulangan banjir kali lamong Gresik. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian ini meliputti Bappeda Gresik, Dinas PUTR bagian Sumber Daya Air, Sekretaris masing-masing desa serta masyarakat di masing-masing desa yang terdampak banjir kali lamong Gresik. Penelitian ini menggunakan teknik pemeriksaan keabsahan data dengan triangulansi. Kemudian peneliti menggunakan teori implementasi milik George C. Edward III yang memiliki landasan teori yang mengacu pada empat variabel yaitu : komunikasi, sumberdaya, disposisi dan struktur organisasi. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa program kebijakan pemerintah Kabupaten Gresik dalam penanggulangan banjir kali lamong berada di nawakarsa bupati yakni Program Gresik Mapan. Pada Program Gresik Mapan ini terdiri dari Pembebasan lahan dan Normalisasi kali lamong Gresik. Kegagalan tata kelola penanggulangan banjir kali lamong di Kabupaten Gresik disebabkan karena kelemahan struktur birokrasi ditambah dengan kesadaran warga masyarakatnya. Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan peneliti menunjukan bahwa pada variabel sumberdaya peralatan yakni tanah atau lahan di bantaran daerah aliran sungai kali lamong terdapat rumah warga dan ketika di bebaskan lahannya para warga mematok harga yang sangat tinggi. Faktor penyebab belum optimal nya penannggulangan banjir kali lamong di sebabkan oleh faktor kewenangan, keterbatasan anggaran, faktor karakteristik sungai, faktor tata ruang dan wilayah serta faktor manusia. Kemudian strategi penanggulangan banjir kali lamong Gresik terdiri dari koordinasi, manjemen, anggaran, dan manusia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Retno, Purbopurboretno191@gmailcomI01219024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHolilah, Holilahmissholilah@gmail.com2018107602
Thesis advisorNurhayati, Aniekaniekn@gmail.com2007096902
Subjects: Ideologi Politik
Kebijakan Publik
Politik
Keywords: Politik kebijakan; pemerintah; penanggulangan banjir; implementasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Purbo Retno
Date Deposited: 10 Oct 2023 05:01
Last Modified: 10 Oct 2023 05:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65893

Actions (login required)

View Item View Item