Praktik laporan keuangan akuntansi dalam memfasilitasi UMKM di Kecamatan Waru Sidoarjo: studi kasus pada UMKM Rara Collection Desa Medaeng

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Aprilia Tanjung (2023) Praktik laporan keuangan akuntansi dalam memfasilitasi UMKM di Kecamatan Waru Sidoarjo: studi kasus pada UMKM Rara Collection Desa Medaeng. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aprilia Tanjung Sari_G02219008.pdf

Download (2MB)

Abstract

Menyusun laporan keuangan bagi pemangku kepentingan UMKM secara akurat dan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku dapat mengetahui berapa modal yang mereka gunakan. Dengan SAK EMKM, penyusunan laporan keuangan UMKM tidak harus lagi menggunakan SAK biasa berdasarkan standar IFRS dan SAK ETAP. SAK EMKM membawa banyak manfaat untuk UMKM karena berisi aturan akuntansi yang sederhana dibandingkan dengan SAK ETAP, Pada umumnya usaha mikro, kecil dan menengah di Kabupaten Waru tidak mampu menyusun laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara tidak terstruktur, observasi, dan dokumentasi dari laporan keuangan yang dibuat oleh UMKM. teknik analisis data menggunakan analisis model Miles dan Huberman yakni data reduction, data display, conclusion drawing atau verification. Temuan dari penelitian ini menghasilkan temuan bahwa pelaku usaha rara ollection yang ada di Kecamatan Waru Sidoarjo hanya menggunakan pencatatan laporan keuangan pemasukan dan pengeluaran secara sederhana didalam bisnis mereka. Dikarenakan pemilik maupun karyawan sama sekali tidak mengetahui mengenai SAK EMKM. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan peluang bagi peneliti selanjutnya untuk memperluas informan dalam mengkaji sudut pandang dan fenomena yang berbeda. Selain itu bagi UMKM, dengan mempelajari laporan keuangan bisa meningkatkan kesadaran dan membantu usaha mereka tumbuh.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Aprilia Tanjungaptanjungsari@gmail.comG02219008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNufaisa, Nufaisanufaisa@uinsby.ac.id2031078904
Subjects: Akuntansi
Keuangan
Keywords: Laporan keuangan; akuntansi; UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Aprilia Tanjung Sari
Date Deposited: 11 Oct 2023 01:04
Last Modified: 11 Oct 2023 01:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65904

Actions (login required)

View Item View Item