Pengaruh content marketing melalui media sosial sekuritas dan influencer saham terhadap minat investasi di pasar modal syariah: studi pada generasi Z di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Yulia Dwi (2023) Pengaruh content marketing melalui media sosial sekuritas dan influencer saham terhadap minat investasi di pasar modal syariah: studi pada generasi Z di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yulia Dwi Rahmawati_G94219197.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh content marketing dan influencer saham secara parsial dan simultan terhadap minat investasi generasi Z di Surabaya dalam pasar modal syariah. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Sampel penelitian terdiri dari 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa content marketing memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap minat investasi generasi Z di Surabaya dalam pasar modal syariah. Demikian pula, influencer saham juga memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap minat investasi generasi Z. Selanjutnya, hasil penelitian juga mengindikasikan bahwa content marketing dan influencer saham berpengaruh secara simultan terhadap minat investasi generasi Z di Surabaya dalam pasar modal syariah. Keduanya memiliki kontribusi yang signifikan dalam mempengaruhi minat investasi generasi Z. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa content marketing dan influencer saham memiliki pengaruh yang positif secara parsial dan simultan terhadap minat investasi generasi Z di Surabaya dalam pasar modal syariah. Temuan ini menunjukkan pentingnya peran content marketing dan influencer saham dalam membentuk minat investasi generasi Z di pasar modal syariah. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya perusahaan dan pemerintah dalam memanfaatkan strategi content marketing yang efektif serta menjalin kerja sama dengan influencer saham untuk menarik minat investasi generasi Z yang semakin meningkat di Surabaya dalam pasar modal syariah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Yulia Dwiyuliadwirahmawati607@gmail.comG94219197
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPutranto, Hanafi Adihanafiadiputranto@uinsby.ac.id2005098202
Subjects: Investasi
Pemasaran
Keywords: Content marketing; influencer; investasi; pasar modal syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Yulia Dwi Rahmawati
Date Deposited: 06 Oct 2023 07:58
Last Modified: 06 Oct 2023 07:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65905

Actions (login required)

View Item View Item