Analisis dampak pembangunan jalur lintas selatan (JLS) terhadap kesejahteraan masyarakat sekitar : studi kasus Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Benita, Almas Zerlina (2023) Analisis dampak pembangunan jalur lintas selatan (JLS) terhadap kesejahteraan masyarakat sekitar : studi kasus Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Almas Zerlina Benita_G01219002.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kabupaten Tulungagung terletak dibagian selatan Provinsi Jawa Timur, oleh karena itu wilayah tersebut merupakan kawasan pesisir pantai yang memiliki banyak potensi ekonomi dimana kawasan tersebut memiliki daya tarik dengan memanfaatkan potensi lokal yaitu pembangunan infrastruktur di pesisir pantai di wilayah Kecamatan Besuki, ini tentu memiliki dampak terhadap kesejahteraan masyarakat sekitar. Pembangunan Jalur Lintas Selatan (JLS) mulai dibangun pada tahun 2016 sampai sekarang oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Dengan adanya pembangunan Jalur Lintas Selatan (JLS) ini dapat dilihat dampak dari pembangunan tersebut terhadap kesejahteraan masyarakat serta perkembangan yang terjadi selama adaya Jalur Lintas Selatan (JLS) tersebut.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan memahami dampak pembangunan terhadap kesejahteraan masyarakat serta perkembangan apa saja yang terjadi di pembangunan Jalur Lintas Selatan (JLS). Penelitian ini menggunakan metode penelitian mix method yaitu menggabungkan data kuantitatif dan kualitatif. Metode pengambilan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah metode angket/kuisioner diajukan kepada masyarakat Kabupaten Tulungagung diambil sebanyak 100 responden, metode wawancara diajukan kepada Kepala Desa Besuki, salah satu warga, dan salah satu pemilik usaha/pedagang, serta observasi dan dokumentasi terhadap objek penelitian. Peneliti menganalisis data yang didapatkan dengan dua cara yaitu kuantitatif meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji regresi linear sederhana, dan uji korelasi. Sedangkan kualitatif dengan cara analisis deskriptif yang diambil dari Badan Pusat Statistik dan Bappeda Kabupaten Tulungagung.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pembangunan Jalur Lintas Selatan (JLS) memiliki dampak terhadap kesejahteraan masyarakat di wilayah Besuki. Adapun 87,5% responden yang telah menjawab setelah adanya pembangunan Jalur Lintas Selatan (JLS) tersebut menghasilkan banyak dampak positif. Selain itu adanya penambahan infrastruktur sekolah, fasilitas kesehatan, fasilitas ekonomi, jumlah ketersediaan tenaga kerja, jumlah tenaga pendidik, dan income pendapatan ini menjadikan meningkatnya produktivitas perekonomian di wilayah Besuki Kabupaten Tulungagung.
Penelitian ini memberikan saran kepada tiga pihak, diantaranya Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk dapat terus melaksanakan pengembangan pembangunan infrastruktur, Pemerintah Kabupaten Tulungagung dan Kecamatan Besuki untuk memberikan partisipasinya dalam program pemerintah, serta peneliti selanjutnya diharapkan untuk menambahkan terkait variabel terikat (variabel x) dan dapat lebih mengembangkan penelitian ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Benita, Almas Zerlinazebenita07@gmail.comG01219002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitrianto, Achmad Roomar.fitrianto@uinsby.ac.id197706272003121002
Subjects: Ekonomi
Pembangunan
Keywords: dampak pembangunan infrastruktur; kesejahteraan masyarakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Almas Zerlina Benita
Date Deposited: 05 Oct 2023 04:19
Last Modified: 05 Oct 2023 04:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65908

Actions (login required)

View Item View Item