Pengaruh motivasi dan lingkungan kerja terhadap loyalitas volunteer dengan organizational citizenship behavior (ocb) sebagai variabel intervening pada lembaga zakat di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Halid, Muhammad Muhlisin (2023) Pengaruh motivasi dan lingkungan kerja terhadap loyalitas volunteer dengan organizational citizenship behavior (ocb) sebagai variabel intervening pada lembaga zakat di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Muhlisin Halid_G95219059.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan apakah motivasi dan lingkungan kerja berpengaruh terhadap organizational citizenship behavior volunteer pada lembaga zakat di Surabaya, apakah motivasi dan lingkungan kerja berpengaruh terhadap loyalitas volunteer pada lembaga zakat di Surabaya, apakah organizational citizenship behavior berpengaruh pada loyalitas volunteer pada lembaga zakat di Surabaya, serta apakah apakah motivasi dan lingkungan kerja berpengaruh terhadap loyalitas volunteer pada lembaga zakat di Surabaya dengan organizational citizenship behavior sebagai variabel intervening. Metode Penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan field research. Sampel data dalam penelitian ini berjumlah 90 responden dengan penarikan accidental sampling. Alat analisis yang digunakan adalah SmartPLS 3.0 yang digunakan untuk menguji beberapa uji seperti outer model dan inner model.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motivasi dan lingkungan kerja berpengaruh terhadap organizational citizenship behavior volunteer, motivasi dan lingkungan kerja tidak berpengaruh terhadap loyalitas volunteer, organizational citizenship behavior berpengaruh terhadap loyalitas volunteer, motivasi tidak berpengaruh terhadap loyalitas volunteer dengan organizational citizenship behavior sebagai variabel intervening, dan lingkungan kerja berpengaruh terhadap loyalitas volunteer dengan organizational citizenship behavior sebagai variabel intervening.Peneliti berharap pada Lembaga Amil Zakat Di Surabaya dapat mengembangkan Motivasi dan Lingkungan Kerja dalam menciptakan Loyalitas Volunteer. Faktor Motivasi penting bagi Volunteer agar dapat loyal terhadap Lembaga Zakat meskipun berada diluar area Lembaga Zakat. Lingkungan Kerja yang ideal penting bagi Volunteer agar memperoleh kesempatan dan pengalaman kerja yang berbeda dari lembaga lain, diharapkan menimbulkan sifat Loyal Volunteer. Peneliti saat ini mengaharapkan adanya penelitian lanjutan yang lebih mendalam dengan penggunaan variabel yang telah diteliti serta mengembangkan ruang lingkup penelitian baik yang berpusat pada suatu lembaga atau berpusat pada volunteer itu sendiri. Peneliti selanjutnya diharapkan lebih selektif untuk memilih indikator dari variabel yang lebih cocok bagi volunteer sehingga penelitian mendapatkan hasil seperti yang diharapkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Halid, Muhammad Muhlisinhalidosek089@gmail.comG95219059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, Liliklilikrahmawati@uinsby.ac.id198106062009012008
Thesis advisorSamsuri, Andrianiandrianisamsuri@uinsby.ac.id197608022009122002
Subjects: Badan Amil Zakat Infaq dan Sadaqah
Etos Kerja
Wakaf
Zakat
Keywords: Lembaga Zakat; loyalitas volunteer
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Muhammad Muhlisin Halid
Date Deposited: 05 Oct 2023 06:14
Last Modified: 05 Oct 2023 06:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65925

Actions (login required)

View Item View Item