Terapi sufistik; pecandu narkoba; Pondok Pesantren Sapu Jagad Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anggraeni, Aprilia (2023) Terapi sufistik; pecandu narkoba; Pondok Pesantren Sapu Jagad Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aprilia Anggraeni_E97219058 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam skripsi ini mengangkat pembahasan tentang efek atau keberhasilan dari terapi sufistik terhadap pecandu narkoba di Pondok Pesantren Sapu Jagad Kediri. Masalah yang diteliti dirumuskan sebagai berikut : 1) Bagaimana Terapi yang diterapkan Pondok Pesantren Sapu Jagad Kediripada pasien pecandu Narkoba?. 2) Bagaimana Efektifitas terapi sufistik terhadap pasien pecandu narkoba di Pondok Pesantren Sapu Jagad?. Ada pula tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui terapi apa saja yang diterapkan dan untuk mengetahui bagaimana tata cara atau proses terapi sufistik yang diterapkan oleh pondok Sapu Jagad Kediri pada pasien pecandu narkoba dan untuk mengetahui efektifitas terapi sufistik yang diterapkan oleh pondok Sapu Jagad Kediri. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah kualitatif jenis studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini ada dua sumber yakni sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber primernya terdiri dari 5 orang pasien pecandu narkoba, dan sumber sekundernya yakni pengasuh pondok Sapu Jagad Kediri serta sumber-sumber terkait dengan penelitian ini. Hasil dari penelitian ini ditemukan beberap terapi yaitu terapi mandi, terapi Istighosah, terapi dakwah/ceramah, terapi ziarah. Dan juga peneliti menemukan ada perubahan dari pecandu narkoba di pondok Sapu Jagad Kediri yakni dari segi pola pikir, perilaku sehari-hari, pengaruh narkoba dari para pecandu narkoba serta perubahan beribadah mereka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anggraeni, Apriliaaprilia.eni28@gmail.comE97219058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Isai.anshori@yahoo.com197306042005011007
Subjects: Narkotika
Terapi
Keywords: Terapi sufistik; pecandu narkoba; Pondok Pesantren Sapu Jagad Kediri
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Aprilia Anggraeni
Date Deposited: 10 Oct 2023 01:41
Last Modified: 10 Oct 2023 01:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65932

Actions (login required)

View Item View Item