Perbandingan pemberdayaan perempuan anggota dan non anggota Koperasi Syariah: studi kasus Kspps Al Mubarok Gedangan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Auliyah, Hesti Nur (2023) Perbandingan pemberdayaan perempuan anggota dan non anggota Koperasi Syariah: studi kasus Kspps Al Mubarok Gedangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hesti Nur Auliyah_G04217026 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan berjudul “Perbandingan Pemberdayaan Perempuan Anggota dan Non Anggota Koperasi Syariah (Studi Kasus Kspps Al-Mubarok Gedangan Sidoarjo)” ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk membandingkan pemberdayaan perempuan anggota dan non-aggota koperasi syariah (studi kasus KSPPS Al-Mubarok). Variabel yang digunakan untuk mengukur pemberdayaan perempuan dalam penelitian ini adalah 1) Keputusan ekonomi rumah tangga, 2) kontrol tabungan dan pendapatan, 3) Mobilitas dan aktifitas diluar rumah, 4) pembuatan keputusan rumah tangga, dan Kepercayaan diri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif komparatif. sampel yang diambil sebanyak 50 orang pada masing-masing kategori, yaitu kategori anggota dan non-anggota. Penelitian ini menggunakan data yang diolah menggunakan software SPSS 23, serta menggunakan metode analisis Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara perempuan yang berpartisipasi dalam koperasi syariah Al-mubarok dan perempuan yang tidak berpartisipasi pada variabel pembuatan keputusan ekonomi rumah tangga, kontrol akan tabungan dan pendapatan, dan pembuatan keputusan keluarga. Sedangkan pada variabel mobilitas dan aktifitas diluar rumah dan variabel kepercayaan diri tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara perempuan yang berpartisipasi dalam koperasi Al-mubarok dan perempuan yang tidak berpartisipasi. Penelitian ini memberikan saran bahwa penting bagi Koperasi Syariah untuk mengembangkan program-program yang fokus pada pemberdayaan perempuan. Seperti pelatihan dalam manajemen dan akuntansi, pendampingan bisnis dan penyuluhan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Auliyah, Hesti NurHestinurauliyah@gmail.comG04217026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWigati, Srisriwigati@uinsby.ac.id2021027302
Subjects: Pemberdayaan > Pemberdayaan Perempuan
Koperasi
Keywords: Koperasi Syariah; pemberdayaan perempuan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Hesti Auliyah
Date Deposited: 10 Oct 2023 01:27
Last Modified: 10 Oct 2023 01:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65934

Actions (login required)

View Item View Item