Pengaruh pengetahuan, kualitas pelayanan, reputasi dan literasi keuangan syariah terhadap minat menabung masyarakat Jawa Timur pada Bank Syariah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mubarak, Muhammad Rafi' (2023) Pengaruh pengetahuan, kualitas pelayanan, reputasi dan literasi keuangan syariah terhadap minat menabung masyarakat Jawa Timur pada Bank Syariah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Rafi' Mubarak_G94219169 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Pengetahuan, Kualitas Pelayanan, Reputasi dan Literasi Keuangan Syariah Terhadap Minat Menabung Masyarakat Jawa Timur Pada Bank Syariah” ini merupakan penelitian kuantitaif dengan tujuan untuk menjawab rumusan masalah mengenai pengaruh variabel independent (pengetahuan, kualitas pelayanan, reputasi dan literasi keuangan syariah) secara simutan dan parsial terhadap variabel dependent (minat menabung). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitaif. Dalam pengumpulan data, dilakukan dengan sumber data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran angket kuesioner. Dalam menentukan responden menggunakan teknik random sampling dan menggunakan perhitungan sample dari rumus Issac & Michael dengan tingkat toleransi 5% dapat diperoleh jumlah responden 385 masyarakat Jawa Timur. Untuk menganalisi data peneliti menggunakan aplikasi SPSS versi 26 dengan metode analisis menggunakan uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji hipotesis uji koefisien determinasi, uji simutan dan uji parsial. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengetahuan, kualitas pelayanan, reputasi dan literasi keuangan syariah dalam uji parsial (T) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat menabung masyarakat Jawa Timur pada Bank Syariah dengan ditunjukan nilai signifikansi variabel pengetahuan 0,005<0.05, nilai signifikansi variabel kualitas pelayanan 0,000<0,05, nilai signifikansi variabel reputasi 0,002<0,05, nilai signifikansi variabel literasi keuangan syariah 0,015<0,05, sedangkan untuk uji simultan (F) menunjukan bahwa pengetahuan, kualitas pelayanan, reputasi dan literasi keuangan syariah berpengaruh signifikan terhadap minat menabung masyarakat Jawa Timur pada Bank Syariah dengan ditunjukan nilai signifikansi 0,000<0,05. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada Bank Syariah di Jawa Timur supaya dapat meningkatkan kegiatan sosialisasi mengenai produk-produk pada Bank Syariah, keuntungan yang diperoleh, pengenalan mengenai pengelolaan keuangan supaya dapat menarik minat menabung masyarakat serta meningkatkan sistem pelayanan dan keamanan yang lebih baik demi kenyamanan masyarakat pengguna Bank Syariah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mubarak, Muhammad Rafi'rafi3.mubarak@gmail.comG94219169
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholis, Nurnurkholis@uinsby.ac.id2011036701
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Bank Islam
Keywords: Pengetahuan; kualitas pelayanan; reputasi; literasi keuangan syariah; minat menabung; Bank Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Rafi' Mubarak
Date Deposited: 10 Oct 2023 02:51
Last Modified: 10 Oct 2023 02:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65943

Actions (login required)

View Item View Item