Digital economic perspektif Islam dan etika utilitarianisme

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mardiyah, Musbatul (2023) Digital economic perspektif Islam dan etika utilitarianisme. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Musbatul Mardiyah_02040220010.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis fenomena sosial yang signifikan pada dalam era digital dan memengaruhi perilaku dan pandangan manusia terhadap pemanfaatan sumber daya. Dalam dunia digital, beragam model bisnis dan peluang finansial muncul dengan cepat. Oleh karena itu, diperlukan kerangka etika yang memandu tindakan manusia dalam mencapai keuntungan ekonomis dengan cara yang moral dan rasional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan metode library research dengan teori analisis yang digunakan sebagai pendekatan adalah teori utilitarianisme. Penelitian ini mengungkapkan: 1. ranformasi digital telah mengubah cara manusia berperilaku dan berpikir. Kehidupan yang semakin terhubung dan cepat membawa perubahan signifikan dalam cara manusia menjalani kehidupan sehari-hari. Peluang baru muncul dalam bentuk sistem,layanan, dan model bisnis yang kreatif melalui pemanfaatan teknologi. Tren baru dalam kehidupan digital ini manusia berperan sebagai konten kreator, influencer, trader, gamer dalam sekenario terburuk, bahkan sebagai pengemis dalam live streaming. 2. Islam dan utilitarianisme sebagai nilai yang menekankan pada nilai kebermanfaatan besar dapat menjadi prinsip dalam perilaku manusia sebagai masyarakat. Prinsip utilitarianisme menekankan objektivitas dan kontribusi positif dari tindakan manusia terhadap masyarakat. Kepuasan manusia dapat dicapai ketika tindakannya sejalan dengan kebutuhan masyarakat

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mardiyah, Musbatulmusbatul.mardiyah123@gmail.com02040220010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDJa'far, Suhermantosuhermanto.jafar@gmail.com2020086701
UNSPECIFIEDBachtiar, M. Anisanis_bachtiar@yahoo.com2019126902
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Etika
Keywords: Digital economic; etika utilitarianisme
Divisions: Program Magister > Filsafat Agama
Depositing User: Mardiyah Musbatul
Date Deposited: 05 Oct 2023 07:24
Last Modified: 05 Oct 2023 07:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65946

Actions (login required)

View Item View Item