Tradisi peringatan maulid Nabi Muhammad SAW di Yayasan Pondok Pesantren Putri An Nuriyah Wonocolo Surabaya 1993-2022

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Millah, Inayatul (2023) Tradisi peringatan maulid Nabi Muhammad SAW di Yayasan Pondok Pesantren Putri An Nuriyah Wonocolo Surabaya 1993-2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Inayatul Millah_A92216126 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan:(1) Bagaimana sejarah awal pelaksanaan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW di Yayasan Pondok Pesantren Putri An-Nuriyah Wonocolo Surabaya. (2) Bagaimana proses pelaksanaan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW di YPPP An-Nuriyah Wonocolo Surabaya. (3) Apa nilai-nilai yang terkadung dari tradisi peringatan maulid Nabi Muhammad SAW YPPP An-Nuriyah Wonocolo Surabaya Untuk menjawab permasalahan tersebut penulis menggunakan metode sejarah (historis), yaitu suatu langkah merekonstruksi masa lampau secara sistematis dan objektif dengan cara mengumpulkan, mengkritik, dan menafsirkan data dalam rangka menegakkan fakta serta kesimpulan yang kuat. Penelitian ini menggunakan teori Ashabiyah dari Ibnu Khaldun. Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan metode deskriptif naratif. Skripsi ini menyimpulkan bahwa pertama, Tradisi maulid nabi di YPPP AnNuriyah sudah ada sejak tahun 1979. Kemudian acara ini digabung dengan haul Buya Mas Muhammad Fathoni berawal sejak tahun 1993 setelah ia wafat. Kedua, pelaksanaan tradisi maulid nabi ini juga dibarengi dengan acara haul yang berisi tahlil dan pembacaan sholawat. Ketiga, ada banyak nilai yang terkandung dari peringatan maulid nabi ini, diantaranya ialah nilai Ukhuwah yang dibagi menjadi 3 yakni, ukhuwah bashoriyah, ukhuwah wathoniyah, dan ukhuwah islamiyah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Millah, Inayatulinayahmillah@gmail.comA92216126
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSantosa, Nyong Eka Iman Teguhnyongeka@uinsby.ac.id2022127603
Thesis advisorZakaria, Nur MukholisMukhlish_73@yahoo.co.id2001107302
Subjects: Adab
Pesantren
Tradisi Islam
Keywords: YPPP An Nuriyah Surabaya; maulid Nabi Muhammad SAW; tradisi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Inayatul Millah
Date Deposited: 17 Oct 2023 04:10
Last Modified: 17 Oct 2023 04:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65947

Actions (login required)

View Item View Item