Implementasi penggunaan asuransi penjaminan al Amin dalam produk pembiayaan KUR mikro sebagai upaya mengatasi pembiayaan macet: studi kasus pada Bank Syariah Indonesia KCP Sidoarjo Gateway

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadilah, Nur (2023) Implementasi penggunaan asuransi penjaminan al Amin dalam produk pembiayaan KUR mikro sebagai upaya mengatasi pembiayaan macet: studi kasus pada Bank Syariah Indonesia KCP Sidoarjo Gateway. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Fadilah_G94219173.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penggunaan asuransi pada produk pembiayaan bank merupakan bentuk strategi yang dilakukan oleh pihak bank untuk menangani permasalahan seperti pembiayaan macet. PT Asuransi Jiwa Syariah Al-Amin bekerjasama dengan PT Bank Syariah Indonesia KCP Sidoarjo Gateway untuk mengatasi pembiayaan macet yang disebabkan oleh nasabah pembiayaan salah satunya KUR mikro. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan mengambil data melalui wawancara yang membahas mengenai sistem kerja dan implementasi penggunaan asuransi penjaminan Al-Amin dalam produk KUR mikro sebagai upaya mengatasi pembiayaan macet. Implementasi penggunaan asuransi penjaminan Al-Amin kepada produk pembiayaan KUR mikro pada BSI KCP Sidoarjo Gateway tidak sesuai dengan peraturan OJK Nomor 33/POJK.03/201dimana dalam peraturan tersebut dijelaskan bahwa nasabah yang mengalami pembiayaan macet baru dapat melakukan klaim asuransi pada kolektabilitas 5 sedangkan hasil wawancara menjelaskan bahwa pengajuan klaim asuransi dapat dilakukan saat nasabah pembiayaan minimal dalam kolektabilitas 4. Selain itu sesuai dengan hasil wawancara 30% dana pembiayaan macet tidak ditalangi oleh pihak bank melainkan didapat dari dana pribadi nasabah yang mengalami pembiayaan macet, hal tersebut tidak sesuai dengan peraturan OJK Nomor 33/POJK.03/201. membayar maka pihak bank akan meminta dokumen pendukung kepada nasabah untuk di klaim-kan asuransinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadilah, Nurg94219173@student.uinsby.ac.idG94219173
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFatmah, Fatmahfatmah.uinsby.ac.id--
Subjects: Asuransi Islam
Bank dan Perbankan Islam
Ekonomi Islam
Keywords: Implementasi penggunaan asuransi; KUR mikro; pembiayaan macet
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nur Fadilah
Date Deposited: 16 Oct 2023 07:09
Last Modified: 16 Oct 2023 07:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65952

Actions (login required)

View Item View Item