Strategi fundraising dalam upaya pengembangan pendanaan program kerja di masjid Al Mubarokah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alfarez, Fiqsal Maulana (2023) Strategi fundraising dalam upaya pengembangan pendanaan program kerja di masjid Al Mubarokah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fiqsal Maulana Alfarez_B04219015.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi fundraising dalam upaya pengembangan pendanaan program kerja di Masjid Al Mubarokah Surabaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Metode deskriptif digunakan sebagai metode yang berguna untuk menjabarkan dan menjelaskan tentang strategi fundraising dan metode fundraising. Selanjutnya teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah membahas bagaimana formulasi strategi fundraising dan metode fundraising dalam upaya pengembangan pendanaan program kerja di Masjid Al Mubarokah Surabaya. Dalam perumusan strategi terdapat langkah-langkah diantaranya menetapkan visi misi, mengidentifikasi lingkungan eksternal dan internal, penetapan tujuan jangka panjang, dan pemilihan strategi alternatif. Selanjutnya, metode fundraising dalam upaya pengembangan pendanaan program kerja di Masjid Al Mubarokah Surabaya yaitu pelaksanaan kegiatan penggalangan dana dengan menggunakan cara, seperti metode direct mail (penawaran tertulis), telefundraising (via telepon), face to face (pertemuan langsung), event, dan media perantara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengurus masjid (Ta’mir Masjid Al Mubarokah) merancang atau menyusun strategi penggalangan dana guna menghimpun dana dari masyrakat, dan untuk mengetahui bagaimana metode yang digunakan oleh pengurus masjid dalam kegiatan penggalangan dana ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alfarez, Fiqsal Maulanafiksalmm@gmail.comB04219015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHarits, Achmad Murtafiamharis05@gmail.com2004037002
Subjects: Manajemen Dakwah
Keywords: Strategi; fundraising; formulasi; metode
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Fiqsal Maulana Alfarez
Date Deposited: 10 Oct 2023 04:52
Last Modified: 10 Oct 2023 04:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65953

Actions (login required)

View Item View Item