Problematika sosial pada naskah drama rt nol/rw nol Karya Iwan Simatupang: tinjauan sosiologi sastra

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ummah, Mufidatul (2023) Problematika sosial pada naskah drama rt nol/rw nol Karya Iwan Simatupang: tinjauan sosiologi sastra. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mufidatul Ummah_A04218014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang problematika sosial pada naskah drama “RT Nol/ Rw Nol” karya Iwan Simatupang dengan menggunakan pendekatan Sosiologi Sastra oleh Ian Watt. Naskah drama ini mempunyai topik pembahasan mengenai sebuah perjuangan kehidupan dari golongan masyarakat agar dapat memperjuangkan kehidupannya menjadi lebih baik bahkan nyaman untuk ditempati. Dalam naskah drama tersebut ada beberapa problematika Sosial. Problematika sosial dalam naskah drama tersebut berupa kesulitan ekonomi, sulit mencari lapangan pekerjaan, sehingga membuat masyarakat hidup dalam kemiskinan dan lain sebagainya. Sosiologi sastra menurut Ian Watt mampu menunjukkan tiga macam bentuk pengklasifikasian. Tiga macam pengklasifikasian tersebut yaitu, 1) konteks sosial pengarangnya yang berkaitan dengan pengaruh sosial di sekitar lingkungan penulis dari karya sastra dan kondisi sosial dari penulis karya sastra, 2) Sastra sebagai gambaran masyarakat, 3) fungsi dari sosial sastra nya. Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa terdapat tiga permasalahan, yaitu 1) konteks sosial pengarang yang diambil melalui biografi pengarang yaitu Iwan Simatupang, 2) gambaran masyarakat dalam kehidupan sosial yang dilihat dari bagaimana kehidupan masyarakat yang terjadi pada tahun 1966 ketika naskah drama tersebut diciptakan. Kehidupan masyarakat pada tahun itu mengalami krisis ekonomi, kurangnya lapangan pekerjaan,3) Fungsi sosial sastra diambil dari kritik-kritikan sosial dari pemerintah untuk lebih memperhatikan kehidupan sosial tanpa harus membedakan mana yang dilayani dan mana yang diabaikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ummah, Mufidatulmufidatulummah77@gmail.comA04218014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbdullah, Asep Abbasasepabdullah@uinsby.ac.id2029076301
Thesis advisorIndriyani, Jiphie Giliajiphiegilia@uinsby.ac.id2016018802
Subjects: Sastra
Keywords: Problematika Sosial; Sosiologi Sastra Ian Watt; Naskah Drama
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Oct 2023 02:56
Last Modified: 06 Oct 2023 02:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65971

Actions (login required)

View Item View Item