المشهد اللغوي في مساجد بكلاتن واستخدامه لبناء الهوية الإسلامية (دراسة وصفية اللغة الاجتماعية الحديثة)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Safitri, Dewi Nur (2023) المشهد اللغوي في مساجد بكلاتن واستخدامه لبناء الهوية الإسلامية (دراسة وصفية اللغة الاجتماعية الحديثة). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewi Nur Safitri_A91219080 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Masjid merupakan tempat ibadah bagi umat muslim. Tiap masjid mempunyai makna yang sangat besar secara fisik maupun spiritual dalam kehidupan. Adapun masjid yang dipilih adalah Masjid Raya dan Masjid Al-Aqsha Klaten, karena kedua masjid tersebut merupakan masjid terbesar di Kota Klaten dan menjadi pusat kegiatan keagamaan di wilayah Klaten. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lanskap linguistik di masjid yang ada di Klaten. Untuk menganalisis penelitian ini, peneliti menggunakan teori menurut Landry dan Bourhis. Ada tiga rumusan masalah dalam penelitian ini, yang pertama adalah bentuk pemakaian bahasa, yang kedua adalah fungsi lanskap linguistik (fungsi informatif, Larangan dan Perintah, serta fungsi nama bangunan). Selain itu, ditemukan pula fungsi dekoratif dalam penggunaan kaligrafi yang ada di masjid. Dan yang terakhir adalah analisis penggunaan lanskap linguistik dalam membangun identitas islam. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, peneliti akan menjelaskan dan menginterpretasikan berbagai tanda berdasarkan jenis dan fungsinya, dan persentase data yang telah diperoleh dari observasi. Data yang diperoleh berasal dari gambar yang didapat selama observasi. Hasil penelitian menunjukkan ada 114 lanskap linguistik yang ditemukan pada kedua masjid. 87 lanskap linguistik merupakan monolingual, dan 27 lainnya merupakan tanda bilingual. Dari segi fungsi, didominasi oleh oleh fungsi informatif dengan 46 lanskap linguistik. Adapun nilai-nilai Islam yang terkandung dalam lanskap linguistik pada kedua masjid tersebut ada 4, yaitu Tauhid, Rasulullah Saw, Al-Qur'an, serta Syariat Islam (Qurban, Menutup Aurat, Infaq). Nilai-nilai Islam tersebut menunjukkan identitas Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Safitri, Dewi Nurdewinur344@gmail.comA91219080
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaikhu, Ahmad--2008066801
Thesis advisorAlindah, Lutfiyaha_lindah@yahoo.com--
Subjects: Agama
Budaya Islam
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Lanskap Linguistik; Identitas Islam; Masjid
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Dewi Nur Safitri
Date Deposited: 06 Oct 2023 12:53
Last Modified: 06 Oct 2023 12:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65983

Actions (login required)

View Item View Item