Systematic literature review: faktor-faktor fundamental corporate social responsibility disclosure (CSRD) pada perusahaan manufaktur di Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatikah, Dewi (2023) Systematic literature review: faktor-faktor fundamental corporate social responsibility disclosure (CSRD) pada perusahaan manufaktur di Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewi Fatikah Sari_G02219012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) diartikan sebagai tanggung jawab moral perusahaan kepada para stakeholder, khususnya masyarakat sekitar kawasan industri. Parameter keberhasilan perusahaan dari sudut pandang Corporate Social Responsibility (CSR) adalah mengutamakan prinsip moralitas, yakni mencapai hasil terbaik dengan tidak memberikan dampak negatif bagi penduduk sekitar. Penelitian ini dibuat untuk mengetahui faktor apa saja yang dapat mempengaruhi Corporate Social Responsibility Disclosure (CSRD) pada perusahaan manufaktur di Indonesia, mendeskripsikan isu yang ditemukan dalam penelitian Corporate Social Responsibility Disclosure (CSRD) pada perusahaan manufaktur di Indonesia serta untuk mengetahui peluang riset yang dimungkinkan dimasa yang akan datang. Objek yang digunakan yaitu pada jurnal yang meneliti faktor-faktor fundamental corporate social responsibility disclosure (CSRD) pada perusahaan manufaktur di Indonesia dengan rentang waktu sepuluh tahun terakhir dari tahun 2013 – 2022. Pengambilan sampel dilakukan dengan pengumpulan data melalui data base google scholar yang kemudian disimpan dalam arsip google formulir yang diperoleh sebanyak 30 jurnal. Metode penelitian menggunakan System Literature Review (SLR) dengan analisis data naratif content analisis yang memaparkan penelitian faktor-faktor fundamental Corporate Social Responsibility Disclosure (CSRD) pada perusahaan manufaktur di Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang dapat mempengaruhi Corporate Social Responcibility Disclosure pada perusahaan manufaktur adalah profitabilitas, liabilitas, lavarage, ukuran perusahaan, nilai perusahaan, komite audit dan kepemilikan manajerial. Namun hanya faktor ukuran perusahaan dan profitabilitas yang paling banyak digunakan oleh para peneliti dalam penelitian terkait pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Isu penelitian yang ditemukan oleh peneliti dalam kurun waktu 10 tahun terakhir disebabkan karena masih rendahnya kesadaran dalam menerapkan Corporate Social Responsibility (CSR) serta banyak perusahaan yang menganggap Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai pengeluaran biaya dan tidak memberikan keuntungan dalam jangka panjang. Hal tersebut dibuktikan dengan munculnya beberapa kasus yang dapat merugikan masyarakat serta lingkungan alam. Peluang riset kedepan disarankan agar peneliti menggunakan sampel dari seluruh sektor yang terdapat di BEI sehingga dapat menggambarkan praktik dan pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) secara menyeluruh. Selain itu peneliti dapat membandingkan prakatik Corporate Social Responcibility Disclosure (CSRD) di Indonesia dengan dinegaralain.Sertadapatmenambahkanperiodepenelitian.Saran dari penelitian ini adalah manajemen perusahaan perlu meningkatkan dan meperhatikan kesadaran akan pentingnya pelaksanaan Corporate Social Responcibility Disclosure (CSRD) karena bermanfaat bagi perusahaan dalam jangka panjang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatikah, Dewi--G02219012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNawangsari, Ajeng Tita--2028088702
Subjects: Ekonomi
Keywords: System Literature Review (SLR); corporate social; responcibility disclosure (CSRD); corporate social responsibility (CSR)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Dewi Fatikah Sari
Date Deposited: 11 Oct 2023 07:20
Last Modified: 11 Oct 2023 07:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65984

Actions (login required)

View Item View Item