العناصر الداخلية في القصة القصيرة "دولة العصافير" لتوفيق الحكيم (دراسة أدبية لروبرت ستانطون)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asyhari, Muhammad Wachid Hasyim (2023) العناصر الداخلية في القصة القصيرة "دولة العصافير" لتوفيق الحكيم (دراسة أدبية لروبرت ستانطون). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Wachid Hasyim Asyhari_A91219103.pdf

Download (1MB)

Abstract

Cerpen “Daulatu Al Ashafiir” dalam antalogi “Aranillah” karya Taufik Al-Hakim sangat menarik untuk untuk dilakukan penelitian karena cerpen negeri burung berisi tentang pembelajaran ayah burung terhadap anaknya siapa manusia itu. Manusia sebagai makhluk mulia ternyata lebih buruk dan serakah. Pertentangan masalah diatas menjadi isi cerita yang disaksikan secara nyata oleh anak burung tentang ketamakan seorang manusia. Bagaimana unsur-unsur intrinsik dalam cerpen “NegerI Burung” karya Taufik Al-Hakim. Adapun teori yang digunakan peneliti untuk membedah cerpen ini adalah dengan menggunakan teori Robert Stanton yaitu unsur-unsur intinsik. Dalam teori ini memakai 9 macam unsur intrinsik : 1). Tema, 2). Alur, 3). Tokoh, 4). Latar, 5). Judul, 6). Sudut pandang, 7). Gaya dan tone, 8). Simbolisme, 9). Ironi. Sedangkan metode dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik membaca dan teknik mencatat.Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dalam cerpen (Daulatu Al-Ashafiir) Antologi “Aranillah” ditemukan 9 unsur intrinsik yang terdiri dari dari 1)Tema : pembelajaran yang diberikan seorang ayah kepada anaknya guna memahami permasalahan kehidupan yang akan dihadapi dan dijalani dikemudian hari. 2)Alur : tahap penyituasian, tahap pemunculan konflik, tahap peningkatan konflik, tahap klimaks, tahap penyelesaian. 3)Penokohan : Ayah burung, anak burung pipit dan manusia. 4)Latar : latar tempat yaitu negeri burung pipit. Latar waktu yaitu pagi hari dan siang hari. Latar sosial yaitu kondisi sosial burung dan kondisi sosial manusia. 5)Judul : negeri burung. 6)Sudut pandang : sudut pandang tipe orang ketiga tidak terbatas. 7)Gaya dan tone : gaya realistik, kasat mata, kalimat panjang dan pendek, kalimat kritik. 8)Simbolisme : Burung pipit, negeri burung, duri tajam. 9)Ironi : ironi dramatik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asyhari, Muhammad Wachid Hasyimpenkiwahid@gmail.comA91219103
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhoiroh, Himmatulhimmatulkhoiroh@uinsby.ac.id2022127601
Thesis advisorFrank, Ahmadahmadfrank@yahoo.com2026097602
Subjects: Anak
Adab
Bahasa Arab
Keywords: Unsur Intrinsik; Cerita Pendek; Cerpen Negeri Burung.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Muhammad Wachid Hasyim Asyhari
Date Deposited: 06 Oct 2023 12:34
Last Modified: 06 Oct 2023 12:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65985

Actions (login required)

View Item View Item