التهذيب اللغوي امتثاله وانتهاكه في التواصل بين المعلم و الطلاب في معهد الأبرار بماغيتان (دراسة تداولية)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Palal, Romeo Genta Gemilang (2023) التهذيب اللغوي امتثاله وانتهاكه في التواصل بين المعلم و الطلاب في معهد الأبرار بماغيتان (دراسة تداولية). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Romeo Genta Gemilangn Palal_A01219030.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kesantunan berbahasa merupakan hal penting dalam konteks komunikasi, komunikasi sendiri merupakan aspek penting dalam percakapan antara guru dan murid pada proses pembelajaran di dalam kelas berlangsung. Penelitian ini mengidentifikasi pematuhan dan pelanggaran pada konsep kesantunan berbahasa. Komunikasi antara guru dan murid merupakan objek utama dalam proses penelitian ini. Penelitian ini di laksanakan di Pondok Pesantren Al-Abror Magetan.Metode dalam penelitian ini yakni deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini merupakan bentuk kesantunan berbahasa pematuhan dan pelanggaran tuturan antara guru dan murid di Pondok Pesantren Al-Abror Magetan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah Teknik rekam, Teknik transkripsi, dan Teknik catat.Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat 21 pematuhan kesantunan berbahasa pada komunikasi antara guru dan murid di Pondok Pesantren Al-Abror Magetan dan juga terdapat pelanggaran pada komunikasi antara guru dan murid di Pondok Pesantren Al-Abror Magetan yang berjumlah 5 tuturan. 21 pematuhan kesantunan berbahasa mencakup 5 bidal Kebijaksanaan, 1 Bidal Kedermawanan, 6 Bidal Penghargaan, 4 Bidal Permintaan Maaf, 2 Bidal Pemberian Maaf, dan 3 Bidal Perasaan. Untuk Pelanggaran mencakup 5 tuturan yakni 1 Bidal Kebijaksanaan, 2 Bidal Permintaan Maaf, dan 2 Bidal Perasaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Palal, Romeo Genta Gemilangromeo.gemilang@gmail.comA01219030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorjauhar, nassaruddin idrisnasaruddin@uinsby.ac.id2009097501
Thesis advisorrohman, abdurvi_man84@yahoo.co.id2001068001
Subjects: Adab
Bahasa Arab
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Kesantunan Berbahasa; Pematuhan; Pelanggaran; Pondok Pesantren Al-Abror Magetan.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Romeo Genta Gemilangn Palal
Date Deposited: 06 Oct 2023 12:22
Last Modified: 06 Oct 2023 12:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65986

Actions (login required)

View Item View Item