التحليل التقابلي بين اللغة العربية واللغة الإندونيسية على مستوى الجملة الشرطية والاستفادة منه في تعليم مهارة الكتابة لدى طلاب الصف الحادي عشر بمدرسة الأشهر الثانوية الإسلامية بونجاه كرسيك - Analisis kontrastif antara Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia mengenai jumlah syarthiyyah serta manfaatnya dalam pembelajaran keterampilan menulis siswa Kelas XI MA Al Asyhar Bungah Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholihah, Hilmiyatus (2023) التحليل التقابلي بين اللغة العربية واللغة الإندونيسية على مستوى الجملة الشرطية والاستفادة منه في تعليم مهارة الكتابة لدى طلاب الصف الحادي عشر بمدرسة الأشهر الثانوية الإسلامية بونجاه كرسيك - Analisis kontrastif antara Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia mengenai jumlah syarthiyyah serta manfaatnya dalam pembelajaran keterampilan menulis siswa Kelas XI MA Al Asyhar Bungah Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hilmiyatus Sholihah_D72219037 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persamaan dan perbedaan antara bahasa Arab dan bahasa Indonesia mengenai jumlah syarthiyyah, untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi siswa kelas XI MA Al-Asyhar Bungah Gresik dalam mempelajari jumlah syarthiyyah Arab, dan untuk mengetahui manfaat dari hasil analisis kontrastif antara bahasa Arab dan bahasa Indonesia mengenai jumlah syarthiyyah dalam pembelajaran keterampilan menulis siswa kelas XI MA Al-Asyhar Bungah Gresik. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan metode kepustakaan, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MA Al-Asyhar Bungah Gresik. Hasil penelitian ini yaitu terdapat enam persamaan dan tujuh perbedaan antara bahasa Arab dan bahasa Indonesia mengenai jumlah syarthiyyah. Terdapat beberapa kesulitan yang dihadapi siswa, diantaranya adalah kesulitan dalam menyusun jumlah syarthiyyah, menentukan i’rab yang tepat, dan belum mengetahui kaidah penulisan yang benar. Adapun manfaat dari hasil analisis kontrastif dalam pembelajaran keterampilan menulis yaitu membantu membedakan jumlah syarthiyyah dalam kedua bahasa sehingga dapat menulis dengan benar sesuai kaidah yang ada.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholihah, Hilmiyatusmiya070201@gmail.comD72219037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDimyathi, M. Afifudinafifudindimyathi@uinsby.ac.id2007057901
Thesis advisorSholehan, Sholehansholehan_tarbiyah@yahoo.com2004115901
Subjects: Bahasa Arab
Keterampilan
Menulis
Pengajaran
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Analisis kontrastif; jumlah syarthiyyah; keterampilan menulis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Hilmiyatus Sholihah
Date Deposited: 11 Oct 2023 03:04
Last Modified: 11 Oct 2023 03:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66002

Actions (login required)

View Item View Item