Analisis hukum Islam terhadap penerapan akad pemesanan dalam jual beli online di Grosir Distro Bangil

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ariamukti, Nanda Bima (2023) Analisis hukum Islam terhadap penerapan akad pemesanan dalam jual beli online di Grosir Distro Bangil. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nanda Bima Ariamukti_C92218161.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan jenis penelitian hukum empiris dengan pendekatan deskriptif kualitatif guna untuk menjawab pertanyaan yang terdapat dalam rumusan masalah, yakni : bagaimana penerapan akad pemesanan dalam jual beli Online di Grosir Distro Bangil ?, dan bagaimana analisis hukum Islam terhadap penerapan akad pemesanan dalam jual beli Online di Grosir Distro Bangil ?. Metode penelitian dalam skripsi ini ialah penelitian hukum empiris, yaitu jenis penelitian yang berorientasi pada pengumpulan data empiris (lapangan). Data primer yang dalam penelitian ini merupakan data dari hasil wawancara penulis dengan pihak toko Distro bangil dan konsumen, sedangkan data sekunder meliputi buku, jurnal, skripsi terdahulu, dan artikel. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara, dengan data yang dikumpulkan tentang profil toko Grosir Distro Bangil, Proses pelaksanaan akad pemesanan dalam jual beli Online di Grosir Distro Bangil dan Data tentang permasalahan dan penyelesaian dalam jual beli Online di Grosir Distro Bangil. Metode analisa data dibagi menjadi tiga yakni; 1). organizing, yakni menyajikan data dengan penyusunan sistematis. Data yang berhubungan dengan mekanisme akad pemesanan dalam jual beli Online di Grosir Distro Bangil. 2). editing adalah proses mengoreksi data yang sudah dikumpulkan oleh peneliti mulai dari kelengkapan, kecocokan informasi kemudian diedit tentang penelitian ini. 3). analizing, yaitu menganalisis data dengan teori menggunakan teknik yang sudah ditetapkan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Secara konsep, Jual beli Online yang diterapkan oleh toko Distro Bangil menggunakan akad as-salām dan telah memenuhi rukun dan syaratnya. Dilihat dari segi objek akadnya, penjual tidak membuat produknya sendiri melainkan mengambil dari produsen. Akan tetapi dalam melakukan penelitiannya, penulis menjumpai beberapa customer (pembeli) toko Distro Bangil yang merasa dirugikan karena barang yang datang tidak sesuai dengan barang yang disepakati di awal akad. Hal ini terjadi akibat kelalaian pihak toko Distro Bangil dalam melakukan pengiriman barangnya, sehingga dapat membuat rusaknya akad as-salām keranda terdapat kecacatan dalam menerapkan rukun dan syarat objek akad as-salām (al-musalām fih). Penulis berharap jika karyawan ataupun pemilik toko Grosir Distro Bangil bisa lebih teliti lagi dalam mengecek produk yang akan dikirim. Penulis menyarankan kepada pemilik toko agar membeli beberapa peralatan elektronik seperti komputer, smartphone dan menambah karyawan untuk mengoptimalkan pengiriman dan meminimalisir kesalahan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ariamukti, Nanda Bimabimaariamukti@gmail.comC92218161
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChaidaroh, Umi-2010097401
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Jual Beli
Keywords: Hukum Islam; akad jual beli online
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Nanda Bima Ariamukti
Date Deposited: 11 Oct 2023 04:06
Last Modified: 11 Oct 2023 04:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66017

Actions (login required)

View Item View Item