Desain sistem keamanan informasi berdasarkan peraturan BSSN Nomor 4 Tahun 2021 dan Indeks Keamanan Informasi (KAMI)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rizqiyanto, Fany (2023) Desain sistem keamanan informasi berdasarkan peraturan BSSN Nomor 4 Tahun 2021 dan Indeks Keamanan Informasi (KAMI). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
A Fany Rizqiyanto_H96218050 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Teknologi informasi (TI) berkembang pesat setiap hari, dan perkembangan ini berdampak pada setiap organisasi dan perusahaan di setiap sektor. Khususnya pada ranah Pengamanan Keamanan Informasi, merupakan upaya untuk melindungi aset informasinya dengan maksud untuk melindungi infrastruktur teknologi informasi dari gangguan internal maupun eksternal pada suatu jaringan. Lokasi objek penelitian ini berada di TVRI Jawa Timur. Untuk pengumpulan data yakni dengan cara wawancara dengan narasumber staff IT TVRI Jawa Timur. Dengan menggunakan pedoman BSSN No. 4 Tahun dan Indeks Keamanan Informasi (KAMI). Untuk output penelitian ini yakni berupa hasil rekomendasi yakni berupa Standard Operating Procedure (SOP) yang dilengkapi dengan alur prosedur yang berjumlah 3 SOP. Yakni Autentikasi, Manajemen Sesi, dan Kontrol Akses. Sebaiknya dokumen rekomendasi SOP yang telah dibuat untuk diuji, diimplementasikan, dan diaudit secara internal guna untuk mengetahui sejauh mana dampak terhadap keamanan informasi pada TVRI Jawa Timur. Selain itu, penelitian ini hanya sebatas pembuatan dokumen rekomendasi keamanan berupa SOP, untuk penelitian selanjutnya mungkin dapat dilakukan evaluasi keefektifan dokumen SOP yang telah dibuat terhadap keamanan informasi TVRI Jawa Timur.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rizqiyanto, Fanyfanirizqiyanto@gmail.comH96218050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRozas, Indri Sudanawatiindrisrozas@uinsby.ac.id2021078201
Subjects: Tehnik Informatika
Teknologi
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Manajemen Keamanan; Keamanan Informasi; BSSN No. 4 Tahun 2021; Indeks KAMI; TVRI Jawa Timur
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Fany Rizqiyanto
Date Deposited: 09 Oct 2023 08:23
Last Modified: 09 Oct 2023 08:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66023

Actions (login required)

View Item View Item