Analisis hukum positif dan hukum pidana islam terhadap tindak pidana pencurian kendaraan bermotor roda dua oleh sindikat gangster Bojonegoro periode 2022 - juni 2023 : studi kasus di polres bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alfia, Febriana Nurul (2023) Analisis hukum positif dan hukum pidana islam terhadap tindak pidana pencurian kendaraan bermotor roda dua oleh sindikat gangster Bojonegoro periode 2022 - juni 2023 : studi kasus di polres bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Febriana Nurul Alfia_C73218037 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

penelitian yang mengkaji mengenai tindak pidana pencurian kendaraan bermotor, yang bertujuan untuk menjawab dua rumusan masalah. Pertama, mengenai bagaimanakah modus tindak pidana pencurian kendaraan bermotor roda dua yang dilakukan oleh sindikat gangster Bojonegoro periode 2022 – Juni 2023. Kedua, mengenai bagaimanakah pencurian kendaraan bermotor roda dua oleh sindikat gangster Bojonegoro dalam kajian hukum pidana dan hukum pidana islam. Dalam penelitian ini menggunakan metode peneletian empiris. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian lapangan (field research) yakni penelitian yang dilakukan secara sistematis mengangkat data-data yang terdapat di lapangan dengan pendekatan normatif empiris. Penulis melakukan penelitian lapangan di Polres Bojonegoro. sumber yang dikumpulkan adalah data hasil observasi dan wawancara dengan beberapa narasumber yang menjadi sumber hukum primer. Sifat penelitian ini yakni deskriptif yang berupa pemaparan dari data yang diperoleh sesuai dengan permasalahan yang disusun secara sistematis dengan teknik analisis deskriptif dan metode pola berpikir induktif. Dari hasil penelitian lapangan di peroleh data terkait kasus pencurian kendaraan bermotor yang terjadi di wilayah Bojonegoro serta data pelaku dan proses penyelidikannya. Kemudian dianalisis dengan hukum pidana dan hukum pidana islam dan menghasilkan beberapa fakta yang pertama, modus pencurian kendaraan bermotor roda dua oleh sindikat gangster Bojonegoro periode 2022 - Juni 2023. Kedua, modus pencurian kendaraan bermotor roda dua oleh sindikat gangster Bojonegoro periode 2022 - Juni 2023 dalam perspektif hukum pidana yang dapat dikenai sanksi pada pasal dikenakan Pasal 362 dan 363 KUHP tentang pencurian juga pasal 55 KUHP tentang keturutsertaan pidana dan hukum pidana islam yang dikategorikan kedalam jarīmah sariqāh sehingga hukuman yang diberikan kepada pelaku berupa hukuman ḥad. Dengan adanya kesimpulan yang telah dipaparkan di atas, maka diharapkan kepada aparat penegak hukum agar meningkatkan berbagai upaya untuk menanggulangi dan mencegah masalah tindak pidana pencurian kendaraan bermotor kepada masyarakat. Seperti mengadakan penyuluhan, sosialisasi atau memasang himbauan di ruas-ruas jalan tertentu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alfia, Febriana Nurulfebrianaalfia27@gmail.comC73218037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUbaidillah, M. Hasanubaidillah.mhasan@uinsaby.ac.id2005117901
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Pencurian
Hukum Islam > Pidana Positif
Keywords: Hukum pidana Islam; pencurian; kendaraan bermotor
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Febriana Nurul Alfia
Date Deposited: 12 Oct 2023 02:39
Last Modified: 13 Oct 2023 07:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66024

Actions (login required)

View Item View Item