Pengembangan bahan ajar akidah Akhlak berbasis pembiasaan dalam meningkatkan karakter Religius Nasionalis di MI. Irsyadul Mubtadiin Labang Sreseh Sampang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amiruddin, Ibnu (2023) Pengembangan bahan ajar akidah Akhlak berbasis pembiasaan dalam meningkatkan karakter Religius Nasionalis di MI. Irsyadul Mubtadiin Labang Sreseh Sampang. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ibnu Amiruddin_02041021007 OK.pdf

Download (876kB)

Abstract

Pada era sekarang, salah satu sebuah permasalahan dalam pendidikan yaitu mengenai karakter belajar siswa. Khususnya dalam pembelajaran Akidah Akhlak, disini siswa masih kesulitan dalam memahami materi sehingga hasil belajar siswa masih kurang maksimal. Sementara Bahan Ajar Akidah Akhlak yang digunakan masih cenderung menoton. Sehingga dibutuhkan model pembiasaan untuk mendapatkan hasil belajar yang baik. Pada hakikatnya penelitian ini termasuk kategori Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu lima tahap yang dilakukan salah satunya yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek penelitian ini 22 siswa yaitu kelas V MI. Irsyadul Mubtadiin Labang Sreseh Sampang. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, angket, wawancara, dokumentasi dan tes. Kemudian dikumpulkan dengan melakukan teknik analisis kualitatif deskriptif, analisis validitas dan analisis efektifitas. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mendiskripsikan desain Pengembangan dari Bahan Ajar Akidah Akhlak dan untuk memahami efektifitas bahan ajar akidah akhlak berbasis pengembangan model pembiasaan yang telah dikembangkan untuk meningkatkan karakter religius nasionalis di MI. Irsyadul Mubtadiin Labang Sreseh Sampang. Hasil Penelitian ini adalah: 1) Desain yang dilakukan dengan beracuan pada karakteristik yang dimiliki siswa dilingkungannya, sehingga menyesuaikan dengan kebutuhan siswa. Desain bahan ajar akidah akhlak yang dikembangkan dikatkan valid oleh ahli bahan ajar dan ahli materi sehingga layak untuk digunakan. 2) Kemudian dalam menunjukan efektifitas menggunakan One Sample Kolmogorov-Smirnov Test dan paired sample t-test sehingga Pengembangan bahan ajar akidah akhlak berbasis pembiasaan sangat efektif dalam meningkatkan karakter religius nasionalis di MI. Irsyadul Mubtadiin Labang Sreseh Sampang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amiruddin, Ibnuibuamiruddin4@gmail.com02041021007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Isaisaanshori67@.com2006056701
Thesis advisorMukhlishah, Mukhlishahmukhlishah.bki@gmail.com2005056801
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Belajar
Keywords: Penelitian dan Pengembangan; Bahan Ajar Akidah Akhlak; Pembiasaan Hasil belajar
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ibnu Amiruddin
Date Deposited: 10 Oct 2023 06:25
Last Modified: 25 Oct 2023 05:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66027

Actions (login required)

View Item View Item