Analisis prosedur taksasi jaminan dalam akad pembiayaan produktif di BPRS Lantabur Tebuireng KC Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amaliyah, Nabilatul (2023) Analisis prosedur taksasi jaminan dalam akad pembiayaan produktif di BPRS Lantabur Tebuireng KC Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nabilatul Amaliyah_G94219170 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jaminan merupakan salah satu bentuk proteksi dari risiko pembiayaan yang dimiliki bank. Namun tidak semua objek jaminan dapat langsung dilelang ketika dibutuhkan dalam menutup sisa kewajiban. Pembiayaan tersebut akan menjadi macet yang ditunjukkan oleh persentase non performing finance (NPF), yang mana sudah pasti menurunkan pendapatan dan semakin memperbesar biaya pencadangan berupa Penyisihan Penghapusan Aktiva Produktif (PPAP). Dengan dilakukannya taksasi jaminan, maka dapat menjadi pengurang dari PPAP yang dibentuk dan meningkatkan profitabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta memahami prosedur taksasi jaminan dan sistem pengendalian internalnya pada akad pembiayaan produktif yang dilakukan BPRS Lantabur Tebuireng KC Sidoarjo. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis field research dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan konsep Miles dan Huberman. Penelitian yang dihasilkan menunjukkan bahwa prosedur taksasi jaminan dalam akad pembiayaan produktif pada penggunaan pembobotan nilai likuidasi belum sesuai dengan SOP perusahaan dan kriteria jaminan sebagaimana teori yang ada. Meskipun ditemukan ketidaksesuaian pada kriteria marketability, stability of value dan secured. Sedangkan dalam sistem pengendalian internalnya diketahui belum sepenuhnya diterapkan sebagaimana kerangka COSO dan SOP perusahaan. Namun, upaya-upaya yang dilakukan dalam pengendalian internal proses taksasi jaminan telah berhasil menekan besarnya NPF yang membuat pencadangan PPAP semakin kecil dan memperbesar profitabilitas. Penelitian ini menyarankan kepada perusahaan agar menjalankan prosedur sebagaimana mestinya dan melakukan peninjauan kembali terhadap kebijakan pembatasan usia dan pengikatan jaminan kendaraan bermotor. Selain itu, diharapkan agar dapat lebih mengoptimalkan sistem pengendalian internal dengan menerapkan perlindungan berupa asuransi terhadap tanah bangunan dan memberikan pelatihan kepada karyawan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amaliyah, Nabilatulnabilaamaliyah0@gmail.comG94219170
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYudhanti, Ashari Lintangashari.lintang@uinsby.ac.id2008119401
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Bank Islam
Ekonomi Islam
Keywords: Prosedur; taksasi jaminan; pengendalian internal; kerangka COSO; pembiayaan produktif.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nabilatul Amaliyah
Date Deposited: 12 Oct 2023 02:23
Last Modified: 12 Oct 2023 02:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66029

Actions (login required)

View Item View Item