Integrasi p5bk dengan materi pembelajaran akidah akhlak dalam pembentukan karakter peserta didik kelas X MA. Tarbiyatul Banin Banat Montong Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cholifah, Cholifah (2023) Integrasi p5bk dengan materi pembelajaran akidah akhlak dalam pembentukan karakter peserta didik kelas X MA. Tarbiyatul Banin Banat Montong Tuban. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cholifah_02050821043 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kurikulum pendidikan senantiasa berubah dikarenakan harus selalu ditingkatkan menjadi lebih baik dari terdahulunya dan disesuaikan dengan kebutuhan di jamannya. Di dalam kurikulum merdeka terdapat istilah P5BK yang merupakan singkatan dari Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja dan menjadi salah satu bagian wajib dari kurikulum merdeka. MA. Tarbiyatul Banin Banat merupakan madrasah pertama yang pertama kali menerapkan kurikulum merdeka sebagaimana kurikulum pembelajarannya. P5BK pada materi pembelajaran Akidah Akhlak selaras dengan tujuan pendidikan Nasional.Fokus penelitian ini, di antaranya: (1) Bagaimana konsep Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja (P5BK) di MA. Tarbiyatul Banin Banat Montong Tuban? (2) Bagaimana analisis pembelajaran Akidah Akhlak? (3) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat integrasi P5BK dengan materi pembelajaran Akidah Akhlak dalam pembentukan karakter peserta didik? (4) Bagaimana integrasi P5BK dengan materi pembelajaran Akidah Akhlak dalam pembentukan karakter peserta didik? Penelitian ini dilaksanakan di MA. Tarbiyatul Banin Banat Montong Tuban dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif serta mempergunakan teknik penghimpunan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa: (1) P5BK dapat dikonsep dengan mencantumkannya di modul ajar yang dibuat oleh semua guru sebelum diadakannya kegiatan belajar mengajar (KBM) dan berlanjut diperiksa oleh para ahli dan kepala madrasah yang nantinya mengadakan evaluasi dengan supervisi yang dilaksanakan tiga bulan sekali, (2) Analisis pembelajaran Akidah Akhlak di MA. Tarbiyatul Banin Banat telah menerapkan kurikulum merdeka dan P5BK, dan telah memenuhi beberapa kriteria pembelajaran yang efektif, (3) Faktor pendukungnya adalah hubungan warga sekolah yang solid, Kepala Madrasah yang selalu mendukung kegiatan sekolah dan care kepada para pendidik serta dengan diadakannya kegiatan supervisi 3 bulan sekali dan Faktor penghambatnya yakni Tantangan seorang guru akan peserta didiknya yang harus lebih ekstra lagi dalam semangatnya, mengualifikasikan bahwa peserta didik terdiri dari berbagai background keluarga. Jadi, guru harus mengarahkan para peserta didiknya untuk mengerti tujuan sekolah, (4) Integrasi P5BK dengan materi pembelajaran Akidah Akhlak selaras dengan tujuan pendidikan Nasional yang mana inti dari pembelajaran adalah bagaimana pembentukan karakter peserta didik mampu menjadi lebih baik setelah menyelesaikan studinya di sekolah. Terlebih, di MA. Tarbiyatul Banin Banat Montong memiliki program Tabana Bhakti Buana yang terbantu atas adanya P5BK.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cholifah, Cholifahcholifah125@gmail.com02050821043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAh. Zakki, Fuadah.zakkifuad@uinsby.ac.id2027047401
Thesis advisorSaiful, Jazilsaifuljazil@uinsby.ac.id2012126901
Subjects: Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Akidah Akhlak; Integrasi P5BK; Pembentukan Karakter
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Cholifah Cholifah Cholifah
Date Deposited: 10 Oct 2023 01:08
Last Modified: 10 Oct 2023 01:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66031

Actions (login required)

View Item View Item