Pengaruh kualitas layanan dan promosi terhadap peningkatan minat nasabah untuk menabung pada produk tabungan SIMPEL (Simpanan Pelajar) IB di Bank KB Bukopin Syariah KC Surabaya-Darmo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aulia, Putri Rahma (2023) Pengaruh kualitas layanan dan promosi terhadap peningkatan minat nasabah untuk menabung pada produk tabungan SIMPEL (Simpanan Pelajar) IB di Bank KB Bukopin Syariah KC Surabaya-Darmo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Rahma Aulia_G94219178.pdf

Download (3MB)

Abstract

Minat nasabah untuk menabung merupakan sebuah tindakan yang bersifat sukarela atau keinginan hati tanpa adanya unsur paksaan dari luar dan tertarik untuk menggunakan jasa layanan atau fasilitas yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Untuk dapat terus bertahan dalam ketatnya persaingan pada industri perbankan, tentu setiap perusahaan harus memperhatikan aspek-aspek yang dapat menunjang produktifitas perusahaan di mata konsumen. Aspek yang penting untuk dimaksimalkan dalam industri perbankan syariah di Indonesia adalah kualitas layanan dan promosi. Kualitas layanan itu sendiri terdapat pelayanan ini dinilai oleh konsumen sesuai dengan apa yang mereka terima selama transaksi tersebut berlangsung. Kualitas layanan yang baik akan membuat konsumen memberikan feedback yang baik pula ke perusahaan tersebut. Kemudian, suatu perusahaan harus berusaha untuk memperkenalkan produknya ke konsumen demi tercapainya target penjualan suatu produk. Oleh karena itu, dalam promosi tidak cukup hanya memperkenalkan, namun harus dapat membujuk dan pengingat bagi konsumen. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini yakni menguji apakah kualitas layanan dan promosi berpengaruh positif signifikan terhadap minat nasabah untuk menabung pada produk Simpel (simpanan pelajar) iB di Bank KB Bukopin Syariah KC Surabaya-Darmo. Jenis penelitian ini yakni penelitian kuantitatif dan menggunakan analisis statistik hubungan sebab-akibat atau kausalitas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan oleh peneliti yakni pengambilan sampel probabilitas atau probaility sampling dengan Simple Random Sampling. Sebanyak 94 responden yang digunakan dalam pengambilan data dan untuk menganalisis data menggunakan aplikasi IBM SPSS versi 29 serta menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh positif signifikan terhadap minat menabung nasabah dan promosi berpengaruh positif signifikan terhadap minat nasabah yang menabung pada produk Simpel (simpanan pelajar) iB di Bank KB Bukopin Syariah KC Surabaya-Darmo. Nilai R Square (R2) sebesar 0,378. Hasil ini menunjukkan bahwa variabel kualitas layanan dan promosi berpengaruh terhadap minat nasabah untuk menabung sebesar 37,8% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel. Dengan ini diharapkan Bank KB Bukopin Syariah KC Surabaya-Darmo dapat meningkatkan layanan dan menciptakan promosi yang menarik supaya mampu bersaing ditengah pesatnya persaingan dalam dunia perbankan syariah khususnya di Kota Surabaya demi meningkatnya minat nasabah untuk menabung.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aulia, Putri Rahmaputrirahmaa864@gmail.comG94219178
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNawangsari, Ajeng Titaajeng.tita@gmail.ac.id198708282019032013
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Kualitas layanan; promosi; minat menabung
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Putri Rahma Aulia
Date Deposited: 09 Oct 2023 08:01
Last Modified: 09 Oct 2023 08:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66034

Actions (login required)

View Item View Item