Kompetensi profesional dan pedagogik guru PAI dalam membentuk karakter sosial keagamaan peserta didik di SMPN 3 Waru

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Etivali, Adzroil Ula (2023) Kompetensi profesional dan pedagogik guru PAI dalam membentuk karakter sosial keagamaan peserta didik di SMPN 3 Waru. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adzroil Ula Al Etivali_D01219003 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Karya tulis ilmiah yang dikemas dalam bentuk skripsi ini berjudul Kompetensi Profesional dan Pedagogik Guru PAI dalam Membentuk Karakter Sosial dan Keagamaan di SMPN 3 Waru. Penelitian ini terfokus pada kemampuan guru PAI dengan menggunakan Kompetensi Profesional dan Pedagogik dalam Membentuk Karakter Sosial Keagamaan pada peserta didik. Metode penelitian ini adalah kualitatif sehingga paparan data dan hasil penelitian dijabarkan dalam bentuk kata-kata dan narasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. dalam pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi serta dokumentasi. Dalam menganalisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Adanya kompetensi sangat mempengaruhi kemampuan serta kewajiban guru di sekolah. Menjadi seorang guru harus memahami apa saja kompetensi yang harus diketahui. Menguasai kompetensi yang sudah disediakan tidak hanya semata-mata untuk kepentingan guru saja, akan tetapi tidak lupa peserta didik juga penting dalam pemahaman guru mengenai kompetensi guru. Kompetensi guru sendiri ada 4 macam yakni komoetensi sosial, kompetensi kepribadian, kompetensi professional, dan kompetensi pedagogic. Dalam penelitian ini akan membahas kompetensi professional dan pedagogic guru dalam membentuk karakter sosial keagamaan peserta didik yang akan menjadi objeknya ialah guru di SMPN 3 Waru. Guru di SMPN 3 Waru memiliki bermacam cara untuk meningkatkan kualitas peserta didik baik dari segi karkater juga dari segi pengetahuan. Karkater sosial keagamaan juga diajarkan di SMPN 3 Waru melalui kegiatan bekerja sama memberskah sekolah, baksos, shokat dhuha berjamaah dengan bergantian setiap kelasnya, mengadakan pembacaan istighotsah dan tahlil, dan banyak lagi kegiatan lainnya, untuk membentuk karakter sosial keagamaan yang tentunya melalui kompetensi professional dan pedagogic guru serta didampingi dengan dua kompetensi yang lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Etivali, Adzroil Ulaadzulvavall@gmail.comD01219003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFuad, Ah. Zakkiah.zakki.fuad@uinsby.ac.id2027047401
Thesis advisorSutikno, Sutiknonohsutik@yahoo.co.id2006086803
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Keywords: Kompetensi profesional dan pedagogik; pendidikan agama Islam; karakter sosial dan keagamaan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Adzroil Ula Al Etivali
Date Deposited: 13 Oct 2023 02:09
Last Modified: 13 Oct 2023 02:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66048

Actions (login required)

View Item View Item