Strategi pemasaran tabungan haji mabrur untuk meningkatkan jumlah nasabah dengan akad mudharabah mutlaqah di BSI KC Sidoarjo Ahmad Yani

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Widodo, Widiyanti Putri (2023) Strategi pemasaran tabungan haji mabrur untuk meningkatkan jumlah nasabah dengan akad mudharabah mutlaqah di BSI KC Sidoarjo Ahmad Yani. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Widyanti Putri Widodo_G94219195.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana strategi pemasaran tabungan haji mabrur dalam meningkatkan jumlah nasabah di BSI Sidoarjo Ahmad Yani. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian field reseach, teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi sehingga data yang diperoleh akan diolah dan diuji menggunakan teknik triangulasi dan dianalisa sehingga menghasilkan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Bahwa Bank BSI Sidoarjo Ahmad Yani menerapkan strategi pemasaran 7P pada produk tabungan haji mabrur yaitu, product, price, place, promotion, people, physical evidance, dan proses.Strategi tersebut diterapkan untuk meningkatkan jumlah nasabah pada produk tabungan haji mabrur akan tetapi terdapat strategi pemasaran yang kurang dalam mengenalkan produk tabungan haji mabrur yaitu kurangnya sosialisasi untuk memperkenalkan produk tabungan haji mabrur kepada masyarakat melalui media promosi. 2) Dalam memasarkan produk tabungan haji mabrur terdapat 2 faktor yang menentukan keberhasilan strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung dalam pemasaran tabungan haji mabrur yang paling utama adalah penerimaan masyarakat terhadap produk tabungan haji yang membantu masyarakat mayoritas muslim untuk melaksanakan ibadah haji. Kemudian faktor penghambat dalam pemasaran tabungan mabrur adalah persaingan dan juga wabah covid 19 yang menyebabkan penurunan pendapatan pada masyarakat sehingga mengakibatkan penurunan minat calon jemaah jai dalam membuka tabungan haji mabrur di BSI Sidoarjo Ahmad Yani. Saran dalam penelitian ini Bagi Bank BSI Sidoarjo Ahmad Yani supaya melakukan beberapa usaha pada strategi promosi untuk menarik nasabah baru yaitu dengan mengadakan promosi dengan mengadakan event maupun seminar di sekolah- sekolah maupun instansi lainnya guna menarik nasabah dan memudahkan nasabah mendapatkan informasi mengenai tabungan haji mabrur.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Widodo, Widiyanti Putriwidyantiputri764@gmail.comG94219195
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhozali, Lathoiflhatoifghazali@uinsby.ac.id2003117501
Subjects: Bank Islam
Haji
Keywords: Strategi pemasaran; tabungan haji mabrur; akad mudharabah mutlaqah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Widyanti Putri Widodo
Date Deposited: 10 Oct 2023 07:44
Last Modified: 10 Oct 2023 07:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66055

Actions (login required)

View Item View Item