Efektivitas metode pembelajaran survey, question, read, recite, review (SQ3R) terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi IPA gerak benda di MTs Putra Putri Simo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, Vela Ayu (2023) Efektivitas metode pembelajaran survey, question, read, recite, review (SQ3R) terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi IPA gerak benda di MTs Putra Putri Simo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vela Ayu Wulandari_D9A219025.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada mata pelajaran IPA di MTs Putra Putri Simo. Hal ini dikarenakan metode pembelajaran yang diterapkan masih bersifat konvensional (teacher centered). Pembelajaran berlangsung satu arah dan penggunaan metode pembelajaran yang kurang bervariasi mengakibatkan peserta didik merasa bosan serta tidak aktif dalam pembelajaran. Hal tersebut dapat mempengaruhi peserta didik dalam menemukan, menganalisis dan mencari data atau informasi untuk memecahkan masalah sehingga kemampuan pemecahan masalah pada peserta didik rendah. Oleh sebab itu, peneliti ingin melakukan perbaikan pada kegiatan pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran survey, question, read, recite, review (SQ3R) yang diharapkan dapat menjadi solusi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran survey, question, read, recite, review (SQ3R) terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi IPA gerak benda di MTs Putra Putri Simo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui tes, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji independent sample t-test, n-gain, dan analisis lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa metode pembelajaran survey, question, read, recite, review (SQ3R) efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi IPA gerak benda di MTs Putra Putri Simo. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan nilai posttest kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol yang diperoleh nilai signifikansi independent sample t-test sebesar 0,000 ≤ 0,05. Nilai rata-rata posttest kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi sebesar 73,40 daripada kelas kontrol sebesar 51,83. Peningkatan nilai kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan uji n-gain pada kelas eksperimen lebih tinggi sebesar 0,569233 dengan kriteria sedang daripada kelas kontrol sebesar 0,2529 dengan kriteria rendah. Keterlaksanaan metode pembelajaran survey, question, read, recite, review (SQ3R) yang terlaksana sangat baik dengan nilai rata-rata lembar observasi aktivitas guru sebesar 89,08% dan aktivitas belajar peserta didik sebesar 84,52%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, Vela Ayuvelaayuw@gmail.comD9A219025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIndayati, Tatik----
Thesis advisorUmmah, Khoirotulummah3005@gmail.com2030059104
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan
Keywords: Metode pembelajaran SQ3R; kemampuan pemecahan masalah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: Vela Ayu Wulandari
Date Deposited: 12 Oct 2023 03:11
Last Modified: 12 Oct 2023 03:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66061

Actions (login required)

View Item View Item