Analasis wacana keagamaan: telaah akun instagram @kabarmuhammadiyah perspektif Roger Fowler

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Musthofa, Rifaldo (2023) Analasis wacana keagamaan: telaah akun instagram @kabarmuhammadiyah perspektif Roger Fowler. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rifaldo Musthofa_E71218061.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini mengangkat seputar dialektika dalam akun instagram @kabarmuhamamadiyah yang merupakan platform untuk menampung isu dan wacana keislaman dalam ruang lingkup Organisasi Muhammadiyah. Dari isu dan wacana dalam akun instagram @kabarmuhammadiyah itu terdapat berbagai masalah krusial atas respon dan pendapat terkait isu yang dibahas dan menimbulkan perdebatan dengan berbagai pemikiran dan ideologi masing-masing. Meskipun, dalam satu organisasi yang sama, banyak perbedaan pemikiran dalam menanggapi berbagai isu dan wacana di Muhammadiyah dengan gaya bahasa yang fanatik, provokatif sampai moderat. Hal ini menciptakan corak pemikiran atau sikap sebagai muslim yang netral (moderat) dan muslim yang fanatik terhadap suatu kalangan (puritan) dalam lingkungan Muhammadiyah. Ada dua rumusan masalah yang coba dijawab dalam penelitian ini pertama terkait tipologi paham keagamaan di instagram @kabarmuhammadiyah, dan kedua bagaimana wacana keislaman dalam akun instagram @kabarmuhammadiyah apabila di analisis menggunakan perspektif Roger Fowler. Penelitian ini berfokus pada konteks wacana dan hasil komentar dalam akun instagram @kabarmuhammadiyah yang kemudian penulismenggunakan teori analisis wacana kritis Roger Fowler sebagai alat analisis yang mencakup Kosakata dan Tata Bahasa sehingga dapatmentipologikan dan mengidentifikasi corak islam moderat dan islam puritan dan menghasilkan sebuah hasil penelitian bahwa banyaknya perbedaan pemikiran dalam akun instagram @kabarmuhammadiyah memiliki tujuan tertentu dalam menjaga keberlangsungan hidup Muhammadiyah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Musthofa, Rifaldoaldoblythe724@gmail.comE71218061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Isai.anshori@yahoo.com0704067302
Subjects: Agama
Ideologi Islam
Keywords: Kabar muhammadiyah; Islam moderat; Islam puritan; Roger Fowler
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Rifaldo Musthofa
Date Deposited: 12 Oct 2023 03:06
Last Modified: 12 Oct 2023 03:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66065

Actions (login required)

View Item View Item