Pengaruh metode eksperimen terhadap motivasi belajar IPA materi gaya magnet Kelas IV di MI Miftahul Huda

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, Reni (2023) Pengaruh metode eksperimen terhadap motivasi belajar IPA materi gaya magnet Kelas IV di MI Miftahul Huda. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Reni Wulandari_D77219056 ok.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena banyak siswa yang tidak termotivasi dalam kegiatan belajar mengajar sehingga hal ini berpengaruh terhadap penguasaan konsep penting dari materi yang diajarkan. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan metode eksperimen. Hal itu disebabkan penyajian materi IPA yang kurang menarik dan membosankan sehingga materi tersebut terlihat sulit dan menakutkan bagi siswa yang dibuktikan melalui wawancara. Tujuan penelitian ini adalah mendeskrpsikan pengaruh metode eksperimen terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA materi Gaya Magnet Kelas IV Di MI miftahul Huda. Penelitian ini merupakan penelitian tipe Quasi Eksperimental Design dengan pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan Nonequivalent Control Group Design dengan populasi berjumlah 63 dan menggunakan teknik sampling jenuh karena semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Penelitian ini dilaksanakan di MI Miftahul Huda Driyorejo Gresik dimana menggunakan dua kelas sebagai populasi penelitian yaitu kelas IV-A sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 31 siswa dan kelas IV-B sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 32 siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik observasi, angket, dokumentasi dan wawancara. Analisis menggunakan perhitungan N-Gain dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan metode eksperimen terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi gaya magnet. Hal itu dibuktikan dengan hasil uji-t pada nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti perbedaan yang signifikan pada penggunaan metode eksperimen terhadap motivasi belajar siswa di kelas IV MI Miftahul Huda. Hasil perhitungan uji N-Gain motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 0,81 (kategori tinggi) dan kelas kontrol sebesar 0,52 (kategori sedang).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, Reniwulandarir325@gmail.comD77219056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWakhidah, Nurnurwakhidah@uinsby.ac.id2015127201
Thesis advisorIndayati, Tatikindayatitatik@uinsby.ac.id197407172014112003
Subjects: Contextual Teaching and Learning
Motivasi Belajar
Keywords: Metode eksperimen; motivasi belajar; materi gaya magnet
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Reni Wulandari Wulandari
Date Deposited: 13 Oct 2023 01:56
Last Modified: 13 Oct 2023 01:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66070

Actions (login required)

View Item View Item