Implementasi sistem akuntansi dalam pengelolaan dana desa: studi kasus Desa Bangsah, Sreseh, Sampang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alfan, Yusuf (2023) Implementasi sistem akuntansi dalam pengelolaan dana desa: studi kasus Desa Bangsah, Sreseh, Sampang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yusuf Alfan_G92218099 ok.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi sistem akuntansi dalam pengelolaan Dana Desa di Desa Bangsah, Kecamatan Sreseh, Kabupaten Sampang.Lokasi penelitian ini dilakukan di Desa Bangsah, Kecamatan Sreseh, Kabupaten Bangkalan.Dalam Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus.Jenis dann sumber data yang digunakan peneliti yaitu data primer dan data sekunder, dan peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan Triangulasi Teknik.Penelitian ini menggunakan teknik perjodohan pola yang telah diprediksi lalu akan dibandingkan dengan pola yang didasari oleh data empiris. Dalam hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima tahapan dalam sistem akuntansi yaitu formulir, jurnal, buku besar, buku pembantu, laporan dan lima tahapan dalam pengelolaan dana desa yaitu perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, pertanggungjawaban keuangan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwasanya dalam Implementasi Sistem Akuntansi dan Pengelolaan Dana Desa telah dilaksanakan dengan cukup baik, namun terdapat beberapa tahap yang tidak atau kurang dilaksanakan dikarenakan kurangnya penguasaan atau pemahaman aparatur desa bangsah atas sistem akuntansi sehingga dalam pengimplementasian sistem akuntansi kurang optimal, serta dalam penyampaian anggaran pengelolaan dana desa yang disampaikan atau dipaparkan oleh aparatur desa bangsah secara gelondongan atau secara global sehingga masyarakat desa bangsah kurang memahami akan rincian dan penyaluran dana desa. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapakan pemerintahan Desa Bangsah melaksanakan sosialisasi kembali perihal pembaharuan atau update fitur (versi) aplikasi sistem akuntansi (Siskeudes) oleh pemerintahan daerah agar kendala dalam pengoperasian siskeudes dengan fitur (versi) terbaru dapat teratasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alfan, Yusufyusufalfan49@gmail.comG92218099
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNufaisa, Nufaisanufaisa@uinsby.ac.id2031078904
Subjects: Akuntansi
Keywords: Implementasi; sistem akuntansi; pengelolaan dana desa
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Yusuf Alfan
Date Deposited: 13 Oct 2023 07:42
Last Modified: 13 Oct 2023 07:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66075

Actions (login required)

View Item View Item