Penerapan sistem pembayaran QRIS dalam meningkatkan kepuasan pengguna dompet digital pada UMKM kuliner Sidoarjo perspektif hifdzul mal: studi kasus bakso mumet 88 cabang Pondok Mutiara

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adhitya, Dani Eka (2022) Penerapan sistem pembayaran QRIS dalam meningkatkan kepuasan pengguna dompet digital pada UMKM kuliner Sidoarjo perspektif hifdzul mal: studi kasus bakso mumet 88 cabang Pondok Mutiara. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dani Eka Adhitya_G04217016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini menjelaskan mengenai kepuasan pengguna dompet digital dengan hadirnya sistem pembayaran QRIS pada UMKM Bakso Mumet 88 Cabang Pondok Mutiara. Tidak hanya mengenai kepuasan pengguna dompet digital akan tetapi juga berkaitan dengan penerapan sistem pembayaran QRIS dalam perspektif maqashid syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menyajikan data deskriptif. Adapun data primer dalam penelitian ini dijadikan sebagai acuan data utama dan data sekunder dalam penelitian ini di jadikan sebagai pendukung untuk melengkapi data primer. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang dilakukan diantaranya ialah observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pengguna dompet digital pada UMKM Bakso Mumet 88 Cabang Pondok Mutiara merasakan kepuasan atas hadirnya sistem pembayaran QRIS. Dimana hadirnya sistem pembayaran QRIS dapat menghadirkan rasa kemudahan, keamanan, serta kenyamanan bagi pengguna dompet digital dan menghilangkan keraguan untuk bertransaksi dengan aplikasi yang dimiliki oleh UMKM. Selain itu, hadirnya sistem pembayaran QRIS juga menerapkan prisnip maqashid syariah diantara lain menjaga agama, menjaga jiwa/nyawa, menjaga harta, menjaga keturunan, dan menjaga akal. Dari hasil penelitian ini peneliti memiliki saran bagi UMKM Bakso Mumet 88 Cabang Pondok Mutiara Cabang Pondok Mutiara dan Pengguna dompet digital. Adapun bagi UMKM Bakso Mumet 88 Cabang Pondok Mutiara Cabang Pondok Mutiara lebih ditingkatkan lagi kualitas Sumber Daya Manusia terlebih yang berkaitan dengan sistem pembayaran digital. Bagi pengguna dompet digital lebih dipersiapkan lagi berkaitan dengan hal-hal yang berkaitan dengan transaksi pembayaran secara digital antara lain koneksi internet dan saldo uang dompet digital pada aplikasi pengguna.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adhitya, Dani Ekadani.eka.adhitya@gmail.comG04217016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, Mustofamustofatok@gmail.com2030107702
Subjects: Ekonomi Islam
Jual Beli
Keywords: Dompet digital; maqashid syariah; QRIS; sistem pembayaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Dani Eka Adhitya
Date Deposited: 11 Oct 2023 06:36
Last Modified: 11 Oct 2023 06:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66077

Actions (login required)

View Item View Item