Peran guru dalam penanaman nilai agama dan moral melalui pembiasaan melafalkan asmaul husna di RA Muslimat NU 10 Banin Banat Manyar Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Febbriyana, Ninit Amanda (2023) Peran guru dalam penanaman nilai agama dan moral melalui pembiasaan melafalkan asmaul husna di RA Muslimat NU 10 Banin Banat Manyar Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ninit Amanda Febbriyana_D99219056.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya peran guru dalam menanamkan nilai agama dan moral melalui pembiasaan melafalkan asmaul husna. Peran guru sangat penting digunakan untuk menanamkan nilai agama dan moral untuk mencetak generasi muda yang bertaqwa, berakhlaqul karimah, kreatif dan berciri khas Ahlussunah Wal Jama'ah, cinta Al-Qur'an dan Asmaul Husna. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan mengenai upaya guru dalam melakukan pembiasaan melafalkan asmaul husna. (2) Mendeskripsikan tentang peran guru dalam menanamkan nilai agama dan moral melalui pembiasaan melafalkan asmaul husna. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus, dan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.Setelah semua data terkumpul selanjutnya adalah proses analisis data dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam menanamkan pembiasaan melafalkan asmaul husna yang dilakukan oleh pendidik setiap hari,secara rutin dan dilakukan secara berulang-ulang, kemudian diterapkan pengamalannya seperti "Ar-Rahman", artinya "Maha Pengasih" "Ar-Rahim". artinya "Maha Penyanyang". Adapun peran guru dalam menanamkan nilai agama dan moral melalui pembiasaan melafalkan asmaul husna sangat penting diterapkan sejak usia dini dan peran guru ini berpengaruh pada perkembangan anak,jadi peran guru sangat berperan besar sebagai seorang pembimbing, pendidik, motivator dan fasilitator.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Febbriyana, Ninit Amandaninitamandafebbriyana@gmail.comD99219056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii.iwa@gmail.com2020117003
Thesis advisorDwijo, Al-Qudus Nofiandri Eko Sucipto-197311162007101001
Subjects: Anak
Asmaul Husna
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Guru; nilai agama; lafal asmaul husna
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Ninit Febbriyana
Date Deposited: 16 Oct 2023 07:02
Last Modified: 16 Oct 2023 07:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66082

Actions (login required)

View Item View Item