Efektivitas program bantuan JATIM PUSPA (Jawa Timur Pemberdayaan Usaha Perempuan) dalam pemulihan ekonomi pasca Covid-19 Desa Rejeni Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo Tahun 2021

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sherawali, Sherawali (2023) Efektivitas program bantuan JATIM PUSPA (Jawa Timur Pemberdayaan Usaha Perempuan) dalam pemulihan ekonomi pasca Covid-19 Desa Rejeni Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo Tahun 2021. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sherawali_G91219098 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Adanya pandemi Covid-19 menyebabkan terjadinya penurunan pada kondisi pertumbuhan ekonomi dan pertambahan jumlah penduduk miskin di Indonesia khususnya di Provinsi Jawa Timur. Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 22 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyaluran Bantuan Dalam Penanganan Dampak Covid-19 Provinsi Jawa Timur merealisasikan beberapa program untuk menangani dampak dari Covid-19 salah satunya yaitu program JATIM PUSPA (Jawa Timur Pemberdayaan Usaha Perempuan). Skripsi dengan judul Efektivitas Program Bantuan JATIM PUSPA (Jawa Timur Pemberdayaan Usaha Perempuan) Dalam Pemulihan Ekonomi Pasca Covid-19 Desa Rejeni Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo Tahun 2021 bertujuan untuk menganalisis efektivitas dari bantuan program JATIM PUSPA dalam pemulihan ekonomi pasca Covid-19 di Desa Rejeni Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo Tahun 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui tahap observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan beberapa pihak terkait yaitu Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Timur Bidang PUED (Pemberdayaan Usaha Ekonomi Desa), Tim Koordinasi JATIM PUSPA Desa Rejeni Tahun 2021, dan para KPM (Keluarga Penerima Manfaat) JATIM PUSPA Desa Rejeni Tahun 2021 dengan jumlah 27 KPM. Hasil penelitian menunjukkan capaian efektivitas pada masing – masing indikator antara lain seperti pada indikator ketepatan sasaran sebesar 95% dengan kriteria sangat efektif yang terdiri dari tepat sasaran, tepat jumlah, tepat manfaat, dan tepat dalam administrasi. Kemudian pada indikator sosialisasi program menunjukkan capaian efektivitas sebesar 100% dengan kriteria sangat efektif. Capaian indikator tujuan program sebesar 96% dan indikator sosialisasi program sebesar 96% dengan kriteria sangat efektif juga. Dapat disimpulkan bahwa pemberian bantuan program JATIM PUSPA di Desa Rejeni, Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo sangat efektif dengan rata-rata capaian efektivitas pada seluruh indikator efektivitas yaitu sebesar 97%. Hal ini terlihat dari terlaksananya indikator-indikator efektivitas yang digunakan yaitu ketepatan sasaran, sosialisasi program,tujuan program, dan pemantauan program. Meskipun telah dikatakan sangat efektif, adapun saran terkait perbaikan guna keberlanjutan program JATIM PUSPA pada tahun yang akan datang yaitu pada indikator pemantauan program.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sherawali, SherawaliSherawali05@gmail.comG91219098
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLathifah, Nuruln.lathifah@uinsby.ac.id198905282018012001
Subjects: Ekonomi
Pemberdayaan
Keywords: Covid-19; JATIM PUSPA; pemulihan ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Sherawali Sherawali
Date Deposited: 13 Oct 2023 07:53
Last Modified: 13 Oct 2023 07:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66084

Actions (login required)

View Item View Item