Evaluasi aktivitas pengendalian internal atas persediaan di laboratorium XYZ Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azmi, Hajar Aqilah Tsabitatul (2022) Evaluasi aktivitas pengendalian internal atas persediaan di laboratorium XYZ Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hajar Aqilah Tsabitatul Azmi_ G02218009 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengevaluasi aktivitas pengendalian internal atas persediaan di Laboratorium Xyz Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan 4 metode yaitu wawancara, observasi participant, dokumentasi, dan studi literatur. Kemudian dikumpulkan dan dianalisis hingga mendapatkan suatu kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan Laboratorium Xyz telah memiliki Standard Operational Procedure (SOP) yang disesuaikan dengan ISO 9001:2008 untuk menjalankan operasionalnya, namun dengan adanya SOP tersebut terlihat masih ada beberapa kelemahan atau kekurangan dalam aktivitas pengendalian persediaanya. Diantaranya pemisahan tugas yang diterapkan tidak ada pemisahan fungsi penerimaan dan fungsi gudang, tidak adanya peninjauan ulang atas dokumen Purchase Order (PO) yang telah dibuat, terdapat kelemahan terkait pengendalian fisik terhadap aktiva dan dokumen perusahaan yaitu adanya beberapa barang persediaan yang seringkali diletakkan diluar gudang dan proses pengarsipan dokumen masih belum tertata rapi sesuai urutan nomor dan periodenya, pengecekan independen terhadap kinerja dalam prakteknya masih belum maksimal karena pengecekan/audit tidak dilakukan secara rutin dan tidak memaksimalkan fasilitas pemantauan di menu program yang tersedia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azmi, Hajar Aqilah Tsabitatulhajar.aqilah03@gmail.comG02218009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNawangsari, Ajeng Titaajeng.tita@uinsby.ac.id--
Subjects: Akuntansi
Keywords: Pengendalian Internal; Aktivitas Pengendalian; Persediaan; Evaluasi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Hajar Aqilah Tsabitatul Azmi
Date Deposited: 13 Oct 2023 07:42
Last Modified: 13 Oct 2023 07:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66085

Actions (login required)

View Item View Item