Perilaku kepatuhan wajib pajak pada pelaku UMKM Muslim di Kota Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sayudi, Mahfudz (2023) Perilaku kepatuhan wajib pajak pada pelaku UMKM Muslim di Kota Pasuruan. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mahfudz Sayudi_F13316070 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Indonesiaimerupakan negara yang masih mengandalkan sektor pajak sebagai pendapatan prioritas utama negara. Sebagai anggaran (budgetair) Negara , pajak memiliki fungsi penting untuk sumber pembiayaan dalam anggaran, Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Penerimaan pajak tahun 2021 masih terealisasi 1.171 Trilyun atau 58 % dari target sebesar Rp. 1.488 Trilyun. Penelitianidisertasi ini mengangkatitema “ Perilaku Kepatuhan Wajib Pajak pada Pelaku UMKM Muslim di Kota Pasuruan”, dengan rumusan masalah, bagaimana pemahaman pelaku UMKM Muslim tentang wajib pajak, bagaimana makna pajak bagi pelaku UMKM Muslim di Kota Pasuruan, bagaimana perspektif Maqāṣid al-Sharī`ah tentang perilaku kepatuhan wajib pajak bagi pelaku UMKM Muslim. Penelitian ini, menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi melalui pengungkapan fakta-fakta dilapangan yang berhubungan dengan kesamaan makna yang menjadi esensi dari suatu konsep perilaku UMKM Muslim di Kota Pasuruan. Metode penelitianiini menggunakan penelitianilapangan (field research). Sedangkan analisa data menggunakan teknik eksplorasi (pencarian informasi) dan deskriptif atas fenomena yang diamati dengan logika berpikir induktif.dengan menggunakan teori perilaku dan maqāṣid. Temuan penelitian ini adalah bahwa, 1) Secara keseluruhan pelaku UMKM Muslim memahami peraturan perpajakan yang berlaku melalui sosialisasi yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan UKM secara terus menerus, melalui pendekatan humanis, agar semua pelaku UMKM paham dengan peraturan yang sedang disosialisasikan oleh petugas yang berdampak pada kepatuhan pembayaran dan pelaporan pajak. 2) Perilaku kepatuhan wajib pajak bagi pelaku UMKM Muslim sudah terwujud dengan baik karena sudah adanya kesadaran dari wajib pajak menganggap bahwa membayar pajak itu merupakan kewajiban bukan suatu paksaan. 3) Perspektif Maqāṣid al-Sharī`ah tentang perilaku kepatuhan wajib pajak bagi pelaku UMKM Muslim, terdapat beberapa nilai Maqāṣid al-Sharī`ah pada kebijakan perpajakan yang tentu dapat mendukung keberlangsungan kegiatan perpajakan dalam upaya menjaga keamanan wajib pajak. Keterkaitan nilai Maqāṣid al-Sharī`ah dengan kebijakan perpajakan yakni memberikan pendidikan dengan cara mengadakan sosialisasi perpajakan kepada masyarakat perihal isi dan manfaat menyangkut peraturan perpajakan. Kebijakan perpajakan yang dilakukan oleh pemerintah, dalam konsep Maqāṣid al-Sharī`ah adh-ḍarūriyāt ini termasuk pada Hifzul Maal yang merupakan kemaslahatan Maqāṣid al-Sharī`ah yang paling atas. Implikasi teoritik pada penelitian ini bahwa telah ditemukan perilaku kepatuhan wajib pajak apabila didukung oleh adanya sosialisasi, kesadaran, religiusitas, dan pengetahuan wajib pajak, akan tetapi dalam penelitian kali ini, peneliti menambahkan faktor kemaslahatan, keberkahan dan keadilan ekonomi bagi pelaku wajib pajak sebagai penguat teori religiusitas pada penelitian terdahulu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sayudi, Mahfudzmahfudzsayudi@gmail.comF13316070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorA. Yasid, A. Yasidyazidabu@hotmail.com2010106702
Thesis advisorArifin, Sirajulsirajul.arifin@uinsby.ac.id; sirajul.arifin@gmail.com2014057001
Subjects: Pajak dan Perpajakan
Keywords: Perilaku; Kepatuhan Wajib Pajak; UMKM Muslim
Divisions: Program Doktor > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mahfudz Sayudi
Date Deposited: 11 Oct 2023 03:35
Last Modified: 11 Oct 2023 03:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66087

Actions (login required)

View Item View Item