Pengaruh fitur layanan, kemudahan penggunaan dan promosi terhadap keputusan penggunaan aplikasi LinkAja dengan pengetahuan pengguna sebagai variabel moderasi: studi kasus pada pengguna LinkAja di Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prihantini, Dwi Nanda Sukma (2023) Pengaruh fitur layanan, kemudahan penggunaan dan promosi terhadap keputusan penggunaan aplikasi LinkAja dengan pengetahuan pengguna sebagai variabel moderasi: studi kasus pada pengguna LinkAja di Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwi Nanda Sukma Prihantini_G93219071 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fitur layanan, kemudahan penggunaan, promosi dan juga pengetahuan pengguna menjadi subjek yang menarik untuk dibahas terkait dengan keputusan penggunaan pada bidang financial technology. Ketiga variabel tersebut diduga memiliki hubungan dengan pertimbangan pengguna dalam proses pengambilan keputusan penggunaan dalam memutuskan penggunaan aplikasi LinkAja. Keempat variabel tersebut diharapkan mampu untuk mempengaruhi keputusan pengguna dalam memutuskan penggunaannya terhadap aplikasi LinkAja. Penelitian ini termasuk pada jenis penelitian kuantitatif, dimana jenis data yang digunakan adalah data primer yang didapatkan dengan cara penyebaran kuesioner. Skala yang digunakan pada penelitian ini adalah skala Likert 1-5 yang memiliki nilai positif. Sampel pada penelitian ini berjumlah 150 responden yang merupakan pengguna aplikasi LinkAja yang berdomisili di Kota Surabaya. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan teknik uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif dan juga uji hipotesis. Untuk melakukan uji hipotesis ini dilakukan dengan teknik analisis regresi berganda dengan bantuan software SPSS 25. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Fitur Layanan dan Pengetahuan Pengguna tidak memiliki pengaruh yang positif dan juga signifikan secara parsial terhadap Keputusan Penggunaan. Sedangkan Kemudahan Penggunaan dan Promosi memiliki pengaruh yang positif dan juga signifikan secara terhadap Keputusan Penggunaan. Sedangkan secara simultan, Fitur Layanan, Kemudahan Penggunaan, Promosi dan Pengetahuan Pengguna memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Keputusan Penggunaan. Pengetahuan Pengguna memoderasi pengaruh Fitur Layanan terhadap Keputusan Penggunaan. Namun, Pengetahuan Pengguna tidak berhasil memoderasi Kemudahan Penggunaan dan Promosi terhadap Keputusan Penggunaan. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pihak manajemen aplikasi LinkAja untuk meningkatkan frekuensi iklan dan juga promosi lainnya terkait dengan fitur layanan yang ditawarkan. Termasuk pada aktif melakukan sosialisasi terkait fitur layanan yang disediakan. Terus aktif melakukan inovasi sesuai trend market terkini. Memperluas jaringan kerja sama dengan berbagai pihak dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah pengguna.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prihantini, Dwi Nanda Sukmanandadwisp01@gmail.comG93219071
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSamsuri, Andrianiandriani@uinsby.ac.id2002087603
Thesis advisorPutranto, Hanafi Adihanafiadiputranto@uinsby.ac.id2005098202
Subjects: Ekonomi
Internet
Pemasaran
Promosi
Keywords: Fitur Layanan; Kemudahan Penggunaan; Promosi; Pengetahuan Pengguna; Keputusan Penggunaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: Dwi Nanda Sukma Prihantini
Date Deposited: 16 Oct 2023 01:32
Last Modified: 16 Oct 2023 01:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66088

Actions (login required)

View Item View Item