Pengaruh kejelasan sasaran anggaran, kualitas pelaporan keuangan dan ketaatan perundangan terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah badan pengelolaan keuangan dan Aset Daerah Provinsi Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dellaneira, Kania (2023) Pengaruh kejelasan sasaran anggaran, kualitas pelaporan keuangan dan ketaatan perundangan terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah badan pengelolaan keuangan dan Aset Daerah Provinsi Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kania Dellaneira_G92218079 OK.pdf

Download (763kB)

Abstract

Pelaksanaan Good Governance sudah lama dikemukakan namun pada praktiknya masih banyak menghadapi kendala di beberapa instansi pemerintah. Permasalahan yang terjadi pada sektor publik sangat beragam, namun utamanya soal pelayanan publik. Hal ini dapat dilihat pada UU No. 23 Tahun 2014 terkait Pemerintah Daerah tentang sistem desentralisasi. Tujuan penelitian yang telah dilakukan adalah untuk mengetahui pengaruh kejelasan sasaran anggaran terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset daerah Provinsi Jawa Timur. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelaporan terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah badan keuangan dan Aset daerah Provinsi Jawa Timur. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh ketaatan terhadap perundangan terhadap akuntabilitas kinerja isntansi pemerintah badan keuangan dan Aset daerah Provinsi Jawa Timur. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh kejelasan sasaran anggaran, kualitas pelaporan keuangan dan peraturan perundangan terhadap akuntabilitas kinerja isntansi pemerintah badan keuangan dan Aset daerah Provinsi Jawa Timur. Hasil penelitian yang didapatkan adalah Kejelasan Sasaran Anggaran (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Y). Kualitas Pelaporan (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Y). Ketaatan Pada Peraturan Perundangan (X3) secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Y). Kejelasan Sasaran Anggaran (X1), Kualitas Pelaporan (X2), dan Ketaatan Pada Peraturan Perundangan (X3) berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Y). Hasil tersebut berhubungan positif dengan teori Stewardship, variabel sistem pengendalian intern dan ketaatan pada peraturan perundangan sebagai faktor penentunya. Hubungan teori Stewardship dengan beberapa variabel yang telah diujikan bahwa steward yang merupakan pemerintah akan berperilaku kolektif atau berkelompok, dengan demikian, terjadi kesepakatan di antara dua belah pihak yaitu pemerintah sebagai steward dan masyarakat sebagai principal yang berdasar kepada kepercayaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dellaneira, Kaniakaniadellanei@gmail.comG92218079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBuchori, Imamibe@uinsby.ac.id2026096801
Subjects: Akulturasi
Keywords: Kejelasan Sasaran Anggaran; Kualitas Pelaporan; Ketaatan Pada Peraturan Perundangan dan Kinerja Instansi Pemerintah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: kania dellaneira
Date Deposited: 17 Oct 2023 00:51
Last Modified: 17 Oct 2023 00:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66093

Actions (login required)

View Item View Item