Pendampingan kelompok petani berbasis pemanfaatan lahan kosong melalui tanaman buah kelengkeng di Desa Wolutengah Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asshifa, Alif Shadam (2023) Pendampingan kelompok petani berbasis pemanfaatan lahan kosong melalui tanaman buah kelengkeng di Desa Wolutengah Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alif Shadam Ashifa_B02219004 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Alif Shadam Ashifa_B02219004.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor penyebab masyarakat kurang memanfaatkan lahan kosong yang ada di Desa Wolutengah Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban. Serta mengetahui strategi untuk pemanfaatkan lahan pekarangan di Desa Wolutengah Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban. Untuk mendeskripsikan kedua persoalan itu. Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor penyebab masyarakat kurang memanfaatkan lahan kosong yang ada di Desa Wolutengah Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban. Serta mengetahui strategi untuk memanfaatkan lahan pekarangan di Desa Wolutengah Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban. Untuk mendeskripsikan kedua persoalan itu. Peneliti menggunakan metode Penelitian Aksi dengan pendekatan (ABCD), Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa memanfaatkan sumber daya manusia, dengan skill pada masyarakat dalam mengelolah kemudian dengan aset yang ada pada lingkungan. Sehingga Peneliti dan warga yang mau mengikuti program pendampingan ini dinamakan K3 (Kader Kelompok Kelengkeng), dan merealisasikan susunan pendampingan, yang melibatkan berbagai lapisan masyarakat Desa Wolutengah terkait upaya peningkatan ekonomi kreatif. Serta menjelaskan tentang pengelolaan lahan pekarangan dengan menggunakan budidaya tanaman buah kelengkeng yang dikembangkan seluruh lapisan masyarakat dalam menjawab upaya produktifitas lingkungan dan peningkatan ekonomi kreatif aspek autopoeisis (upaya mengembangkan diri) masyarakat lebih kuat yang berujung pada respon masyarakat lebih cepat tanggap yang dibuktikan Masyarakat mampu merasakan penghasilan dari kegiatan pemanfaatan lahan asset dan Buah Kelengkeng dan lebih inovatif dalam mengembangkan seluruh aset Sumber Daya Manusia maupun Sumber Daya Manusia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asshifa, Alif Shadamshadam.assyifa@gmail.comB02219004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAdnan, Abd. Mujib-2007025902
Subjects: Dakwah > Dakwah, Masyarakat
Pemberdayaan
Pertanian
Keywords: Petani; lahan kosong; tanaman kelengkeng
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Alif Shadam Asshifa
Date Deposited: 11 Dec 2023 08:09
Last Modified: 11 Dec 2023 08:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66095

Actions (login required)

View Item View Item