Pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru SMA Muhammadiyah 3 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahono, Reyhan Febriansyah (2023) Pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Reyhan Febriansyah Wahono_D03219029.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data melalui angket, wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data dengan melakukan uji validitas, uji releabilitas, uji asumsi klasik dan uji regresi sederhana. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa, (1) Supervisi kepala sekolah berpengaruh secara positif terhadap kinerja guru di SMA Muhammdiyah 3 Surabaya. (2) Nilai koefisien regresi variabel supervisi kepala sekolah bernilai positif sebesar 0.081 maka dapat diartikan jika ada kenaikan 1% variabel supervisi kepala sekolah menyebabkan kenaikan pada kinerja guru sebesar 81%. (3) Menurut hasil analisis dan pengolahan data dalam penelitian ini dapat dikatakan bahwa Supervisi kepala sekolah mempunyai arti yang sangat penting terhadap peningkatan kinerja guru, dengan adanya supervisi kepala sekolah dapat memberikan pengaruh yang positif bagi peningkatan kinerja guru. Hal ini disebabkan para guru merasa kepala sekolah hadir untuk memberikan bimbingan dan arahan terhadap masalah-masalah yang dialami oleh guru. Oleh karena itu hal ini menunjukkan adanya pengaruh dari supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahono, Reyhan Febriansyahreyhanfbrnsyhh@gmail.comD03219029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, Alialimustofa@uinsby.ac.id2025127601
Thesis advisorFauzi, Ahmadahmad.fauzi@uinsby.ac.id2025057904
Subjects: Manajemen Pendidikan
Pendidikan Islam
Keywords: Supervisi; supervisi kepala sekolah; kinerja guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Reyhan Febriansyah Wahono
Date Deposited: 19 Oct 2023 06:18
Last Modified: 19 Oct 2023 06:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66101

Actions (login required)

View Item View Item