Analisis penerapan sistem informasi akuntansi persediaan alat diagnostik medis dan pengendalian internal di era pandemi pada laboratorium ABC Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatimah, Khoi (2023) Analisis penerapan sistem informasi akuntansi persediaan alat diagnostik medis dan pengendalian internal di era pandemi pada laboratorium ABC Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khoi Fatimah_G72218042 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tiga metode yang terdiri dari: wawancara, observasi non participant, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penerapan sistem informasi akuntansi di Laboratorium Abc Surabaya masih perlu pembenahan karena ditemukan kekurangan dan kelemahan yang meliputi: kurang fleksibelnya fitur pada program sistem informasi akuntansi persediaan, selain itu belum ada perbaruan bagan aliran pada prosedur pengadaan. Kemudian berdasarkan prinsip-prinsip aktivitas pengendalian internal mulai dari otorisasi transaksi, pemisahan tugas, dokumen catatan yang memadai, dan pengecekan terhadap kinerja pada persediaan Rapid Test Antigen-Swab di Laboratorium Abc Surabaya terdapat kelemahan dan kekurangan dimana otorisasi dokumen purchase order hanya dilakukan oleh satu karyawan saja yang bertindak sebagai bagian pembelian dan manajer pembelian, belum ada pemisahan fungsi penerimaan dan fungsi gudang, dan terjadi selisih stok fisik persediaan Rapid Test Antigen-Swab dengan jumlah di program yang disebabkan melonjaknya permintaan akan pemeriksaan menggunakan alat tersebut menuntut divisi pelayanan gerak cepat untuk melayani pasien, minimnya kepatuhan SDM akan SOP permintaan dan penerimaan barang, serta belum dilakukan audit secara rutin karena belum ada auditor internal. Saran yang dapat diberikan peneliti kepada Laboratorium Abc Surabaya yaitu sebaiknya perusahaan membuat peraturan tegas agar SDM patuh terhadap prosedur yang telah dibuat perusahaan, membentuk bagian penerimaan secara khusus untuk memeriksa jenis, kualitas, dan kuantitas barang yang diterima agar tidak terjadi kesalahpahaman terkait penerimaan barang, dan membentuk fungsi audit internal yang secara khusus untuk melakukan pengecekan fisik/stock opname tahunan secara rutin.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatimah, Khoikhoifatimah04@gmail.comG72218042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYudhanti, Ashari Lintangasharilintang@gmail.com2008119401
Subjects: Akuntansi
Keywords: Sistem Informasi Akuntansi; Pengendalian Internal; Aktivitas Pengendalian; Persediaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Khoi Fatimah
Date Deposited: 19 Oct 2023 04:47
Last Modified: 19 Oct 2023 04:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66102

Actions (login required)

View Item View Item