Efektivitas penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti siswa kelas X di SMA Negeri 15 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmatulloh, Ulul Azmi Nur (2023) Efektivitas penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti siswa kelas X di SMA Negeri 15 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ulul Azmi Nur Rohmatulloh_D01219049 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design, dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling, melibatkan dua kelompok siswa yang terdiri dari 36 peserta untuk kelompok Eksperimen dan 36 peserta untuk kelompok Kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket untuk menilai pelaksanaan pembelajaran berbasis masalah dan tes kemampuan berpikir kritis berupa soal pretest dan posttest.Berdasarkan hasil perhitungan dengan independent sample t-test, kelompok Eksperimen memperoleh skor posttest sebesar 83,89, sedangkan kelompok Kontrol memperoleh skor sebesar 49,44, dengan tingkat signifikansi 0,05. Selanjutnya, keefektifan model Problem Based Learning (PBL) ditentukan melalui uji korelasi yang menghasilkan skor rata-rata angket sebesar 30,86. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian diterima yang menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmatulloh, Ulul Azmi Nurululazminr@gmail.comD01219049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZainiyati, Husniyatus Salamahhusniytussalamah@uinsa.ac.id2021036901
Thesis advisorRohman, Fathurfathurrohman@uinsby.ac.id2030117301
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Pembelajaran
Pemikiran
Keywords: Model Pembelajaran; Problem based Learning; Kemampuan Berpikir Kritis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ulul Azmi Nur Rohmatulloh
Date Deposited: 04 Dec 2023 05:10
Last Modified: 04 Dec 2023 05:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66103

Actions (login required)

View Item View Item