This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Habibah, Eka Putri Nur (2023) Problematika guru dalam penyusunan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka pada mata pelajaran PAI di SMPN 3 Waru. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Eka Putri Nur Habibah_D01219019 OK.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penerapan kurikulum baru di SMPN 3 Waru menimbulkan problematika yang dihadapi guru, salah satunya adalah problematika dalam penyusunan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka. Perangkat pembelajaran berperan sangat penting dalam sebuah pembelajaran, sehingga pembelajaran dapat berjalan sistematis. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penyusunan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka di SMPN 3 Waru. (2) untuk mengetahui proplematika yang di hadapi guru dalam penyusunan perangkat pebelajaran kurikulum merdeka di SMPN 3 Waru. (3) untuk mengetahui solusi yang dilakukan oleh guru PAI dalam menghadapi problematika penyusunan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Tahap dalam pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi, pada tahap menganalisis data dilakukan dengan cara kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penlitian in dapat disimpulan bahwa (1) Penyusunan perangkat pembelajaran di SMPN 3 Waru sudah dilakukan sesuai dengan pedoman dari pemerintah, akan tetapi guru memiliki kebebasan untuk bisa mengembangkan perangkat kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik dan kondisi lingkungan. (2) Problematika guru dalam penyusunan perangkat pembelajaran adalah, kurangnya pemahaman guru tentang kurikulum merdeka, problematika yang kedua adalah Penyusunan modul ajar dalam pembelajaran diferensiasi, problem yang terakhir adalah (3) penyusunan tindak lanjut asesmen. Solusi yang dilakukan guru dalam menghadapi problematika penyusunan perangkat pembelajaran adalah, guru dapat mencari informasi melalai berbagai media teknologi, guru bisa ikut serta dalam sosialisasi, workshop dan pelatihan-pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka, guru juga bisa sharing dengan sesame rekan guru yang lain untuk berdiskusi bersama, guru dapat memperbanyak literasi terkait penyusunan penilaian pada tindak lanjut asesmen.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Manajemen Pendidikan | ||||||||||||
Keywords: | Problematika; Perangkat pembelajaran; Kurikulum Merdeka | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | eka habibah | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 Oct 2023 06:45 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 Oct 2023 06:45 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66104 |
Actions (login required)
View Item |