Metode Dakwah Habib Husain Ja’far dalam Penerapan Toleransi Beragama pada Program YouTube Noice “Berbeda tapi Bersama”

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Karlenia, Eka Sagita Putri (2023) Metode Dakwah Habib Husain Ja’far dalam Penerapan Toleransi Beragama pada Program YouTube Noice “Berbeda tapi Bersama”. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eka Sagita Putri karlenia_B91219098 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dilakukannya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode dakwah apa yang cocok diterapkan dalam masyarakat yang berbeda agama, serta metode seperti apa yang sesuai untuk memberi contoh perilaku yang toleran akan perbedaan dalam menganut keyakinan agama. Untuk mengetahui hal tersebut maka peneliti menggunakan pendekatan analisis wacana Teun Van Djik. Dalam menjawab dari rumusan masalah tersebut, peneliti menggunakan elemen wacana Teun Van Djik yang tediri dari struktur tematik (tema), struktur skematik (alur) serta semantik (maksud).Hasil dari penelitian yang dilakukan yakni ada tiga metode yang digunakan oleh Habib Ja’far dalam penerapan toleransi beragama pada dakwahnya yang ada di program Berbeda tapi Bersama. Adapun metode yang digunakan oleh Habib Ja’far ialah Bil mujadalah bilati hiya ahsan, melakukan diskusi terbuka dengan tokoh agama lain dengan topik pembelajaran akan toleransi antar umat beragama. Bil hikmah, berperilaku sopan dan ramah pada setiap tamunya yang memiliki banyak latar belakang yang berbeda. Bil mauidzoh hasanah,menyampaikan nasehat serta pendapat tanpa menjatuhkan lawan bicara.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Karlenia, Eka Sagita Putriekasagitaputri@gmail.comB91219098
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIlaihi, Wahyuwahyu.ilaihi@uinsby.ac.id2002047802
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Dakwah > Dakwah - Media
Dakwah > Dakwah - Metode
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Metode; Dakwah; Toleransi; Agama
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Eka Sagita Putri Karlenia
Date Deposited: 23 Nov 2023 06:52
Last Modified: 23 Nov 2023 06:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66105

Actions (login required)

View Item View Item