Upaya guru dalam meningkatkan keterampilan shalat pada anak usia 3-4 tahun di PG-TK Plus Al-Afkar Bungurasih Tengah Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohma, Siti (2023) Upaya guru dalam meningkatkan keterampilan shalat pada anak usia 3-4 tahun di PG-TK Plus Al-Afkar Bungurasih Tengah Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Rohma_D99219070.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan berbagai macam upaya guru dalam meningkatkan keterampilan shalat pada anak usia 3-4 tahun di PG-TK Plus Al-Afkar Bungurasih serta faktor penghambat dan pendukung yang dihadapi oleh guru dalam upaya meningkatkan keterampilan shalat pada anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan datayang diperoleh peneliti melalui observasi dan wawancara dengan Kepala Sekolah dan Guru PG-TK Plus Al-Afkar Bungurasih serta dokumentasi secara langsung yang kemudian data tersebut diolah dengan menggunakan deskriptif analisis. Hasil penelitian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan keterampilan shalat pada anak di antaranya adalah (1) Guru memberikan motivasi kepada peserta didik tentang keterampilan shalat sejak usia dini, (2) Guru memberikan pengetahuan tentang pentingnya menanamkan keterampilan shalat sejak usia dini, (3) Guru menerapkan metode demonstrasi dalam meningkatkan keterampilan shalat pada anak, (4) Guru memberikan penguatan untuk anak melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan tentang keterampilan shalat di sekolah, (5) Guru memberikan hadiah sebagai tanda apresiasi dari usaha dan capaian anak selama melaksanakan pembelajaran. Selain itu, guru juga memberikan hukuman kepada anak yang masih sedikit susah untuk diarahkan dengan memberikannya peringatan dan dipulangkan paling akhir di antara teman-teman lainnya, (6) Guru menjalin kerjasama dengan orang tua/ wali peserta didik dalam meningkatkan keterampilan anak khususnya ketika berada di rumah. Selain itu, adapula faktor penghambat dan pendukung dalam upaya guru meningkatkan keterampilan shalat pada anak ketika di sekolah, antara lain: faktor penghambat yakni kurang kesadaran diri pada peserta didik untuk bersikap baik ketika pelaksanaan shalat dan masih terdapat peserta didik yang ribut dan mengganggu temannya pada saat melaksanakan ibadah shalat. Faktor pendukung antara lain yakni adanya buku laporan perkembangan anak atau Raport, adanya kerjasama dengan orang tua dan adanya penunjang dan kerjasama antara guru dan peserta didik dalam meningkatkan keterampilan shalat ketika berada di sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohma, Sitisitirohma0905@gmail.comD99219070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisorAziz, Yahyayahya_aziz15@yahoo.com2029087203
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Peran Guru
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Upaya guru; keterampilan shalat; anak usia dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Siti Rohma Siti Rohma
Date Deposited: 16 Oct 2023 04:28
Last Modified: 16 Oct 2023 04:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66113

Actions (login required)

View Item View Item